Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian Outside Catering dan Cara Penanganannya

Demi memuaskan pelanggan restoran dan sebagai sarana promosi yang efektif, saat ini telah banyak restoran yang menyediakan layanan outside catering. Karena sifatnya yang berada di luar restoran, maka outside catering memiliki tantangan dan tingkat kesulitan tersendiri dalam penanganannya. Namun demikian, keberhasilan sebuah restoran dalam menangani outside catering, akan sangat berdampak positif bagi popularitas sebuah restoran yang berarti akan lebih banyak terjadi transaksi penjualan.

Pengertian outside catering

Outside catering adalah layanan penyediaan makanan dan minuman untuk sebuah perjamuan makan atau function yang dilakukan di luar restoran. Contoh outside catering adalah sebagai berikut : 

Seorang pelanggan restoran akan mengadakan acara pesta pernikahan (wedding) di gedung A dan meminta restoran kita untuk menyediakan makanan dan minuman secara buffet service atau prasmanan di gedung A. Dengan demikian, kita harus menyiapkan makanan dan minuman, peralatan buffet dan alat saji lainnya, serta beberapa orang waiter yang akan kita kirim ke gedung A pada hari yang ditentukan.


Anda juga bisa membaca artikel : Pengertian Buffet Service

Cara Penanganan outside catering

Saat kita menerima pesanan outside catering, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu :
  • Bahan baku. Bahan baku harus kita siapkan minimal 2 hari sebelum hari H. 
  • Peralatan. Buatlah sebuah daftar atau checklist untuk semua peralatan yang dibutuhkan. Hal ini sangat membantu untuk menghindari adanya peralatan yang lupa dibawa atau kurang jumlahnya. 
  • SDM. Hitunglah berapa banyak tenaga waiter yang dibutuhkan untuk penanganan outside catering. Jangan lupa untuk menunjuk siapa sopir atau driver yang akan membantu dalam pengangkutan menu dan peralatan dari restoran ke tempat acara outside catering diadakan.
  • Transportasi. Siapkan juga mobil pengangkut menu dan peralatan yang akan digunakan menuju lokasi outside catering. Segala hal mengenai transportasi harus sudah fix minimal 2 hari sebelum hari H.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan pesanan outside catering yaitu :
  • Masalah pembayaran. Pastikan bahwa pemesan telah melunasi pembayaran atau telah memberikan uang panjar (down payment) satu hari sebelumnya. Uang panjar yang dikenakan umumnya 40 % dari total, sisanya dibayar pada hari H setelah selesainya acara outside catering.
  • Jika outside catering dilakukan dengan sistem buffet atau prasmanan, maka hitunglah jumlah piring sebanyak jumlah pemesanan. Misalnya jika pesanannya 1000 pax, maka jumlah piring yang kita siapkan adalah 1000 buah piring. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Untuk memastikan ketepatan penghitungan, lakukan penghitungan minimal 2 kali.
  • Carilah tempat penyewaan peralatan saji berkualitas baik dengan harga sewa yang murah. Hal ini berguna saat kita mengalami kekurangan jumlah alat saji. Misalnya saja, restoran kita mendapatkan pesanan outside catering sebanyak 1000 pax, padahal stock dinner plate atau piring makan di restoran kita hanya 500 buah. Maka kita bisa menyewa 500 piring makan sebagai tambahan di tempat penyewaan alat saji. 
  • Koordinasi yang baik. Koordinasi antara marketing, service dan kitchen harus berjalan dengan baik. Pastikan tidak ada miss dalam hal apapun mengenai pemesanan. Kunci pertama suksesnya acara outside catering adalah koordinasi yang baik antar semua divisi restoran.
  • Catat kekurangan atau kesalahan yang terjadi selama penanganan outside catering untuk dievaluasi. Dengan demikian kesalahan yang sama tidak terjadi lagi di penanganan acara outside catering berikutnya.
Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Marketing Restoran

Demikian artikel tentang pengertian outside catering dan cara penanganannya. Bagi pembaca Restofocus.Com yang ingin bertanya atau berkomentar seputar topik ini, silahkan menuliskanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top