--> Skip to main content

Tugas Captain Waiter di Restoran

Selain Supervisor, di restoran juga ada jabatan lain dengan level staff di divisi Service yaitu Captain Waiter. Di beberapa restoran, jabatan ini juga dikenal dengan sebutan Captain Service.

Peran utama dari Captain Waiter adalah sebagai wakil Supervisor yang membantu Supervisor dalam penanganan operasional restoran khususnya di divisi Service.

Porsi tugas Captain Waiter adalah 70% operasional dan 30% administrasi. Untuk itu, Captain Waiter tentu lebih sering berada di operasional daripada berada di office untuk mengerjakan administrasi.

Seorang Captain Waiter harus bisa memberikan contoh atau teladan yang baik bagi semua crew di bawahnya. Dengan keteladanan yang diberikan Captain Waiter, maka semua crew akan semakin lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing di restoran.


Apa saja tugas Captain Waiterdi restoran?

Berikut adalah tugas Captain Waiter di restoran :

1. Cek kehadiran karyawan (absensi)
2. Cek daftar pesanan (reservation)
3. Cek kelengkapan peralatan service
4. Cek kebersihan dan kerapian area parkir, area dine in, janitor dan toilet
5. Cek standar standar penampilan tim service
6. Menangani dan mencatat keluhan (complaint) pelanggan
7. Memimpin briefing harian karyawan
8. Mendampingi dan melatih karyawan baru di bagian service
9. Memberikan laporan penilaian karyawan kepada Supervisor
10. Memastikan terlaksananya general cleaning tim service setiap bulan
11. Membangun kerukunan dan keharmonisan antar karyawan di divisi service
12. Koordinasi dengan Supervisor tentang operasional harian, kasus, ide, saran, evaluasi serta penilaian Best Employee of the Month di divisi service.

Demikian beberapa tugas Captain Waiter di restoran. Di beberapa restoran, mungkin ada tugas-tugas lain yang diembankan kepada Captain Waiter. Tentunya menyesuaikan kebutuhan masing-masing restoran.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar