July 11, 2019

Apa Saja Tugas Runner di Restoran?

Dias Akhmad  |  at  July 11, 2019  |  ,  |  No comments

Salah satu fungsi dari Waiter adalah sebagai Runner atau pengantar makanan dan minuman ke meja tamu. Namun demikian, di beberapa restoran tertentu ada yang menjadikan Runner sebagai sebuah posisi/jabatan pekerjaan.

Biasanya restoran yang menjadikan Runner sebagai sebuah jabatan pekerjaan adalah restoran besar yang memiliki tingkat keramaian yang tinggi.

Restoran yang ramai dengan turn over pelanggan yang tinggi dapat membuat load/beban kerja Waiter juga tinggi. Hasilnya, Waiter menjadi kelelahan dan kehilangan performa pelayanan terbaiknya. Hal inilah yang mendasari dijadikannya Runner sebagai sebuah jabatan di struktur organsasi restoran, yang awalnya hanya sebagai salah satu fungsi/peran dari Waiter.

Lalu apa saja tugas Runner di restoran?

Berikut adalah beberapa tugas Runner di restoran :

1. Sebagai pengantar makanan dan minuman
Inilah tugas utama Runner yang harus dilaksanakan dengan baik, apalagi bagi restoran yang menerapkan "Promise Time" atau "Janji Waktu" pada saat proses taking order, misalnya : "Kami akan menyajikan pesanan bapak/ibu dalam 15 menit"


Jika Promise Time tidak bisa dipenuhi, maka tentu akan menyebabkan terjadinya keluhan (complaint) pelanggan. Runner berperan besar dalam hal ini.

2. Membatu Waiter melakukan Clear Up
Pada saat ramai, Waiter akan disibukkan dengan taking order, menangani pesanan tambahan dan melakukan clear up. Untuk mengurangi beban kerja Waiter, maka Runner juga diberikan tugas untuk melakukan clear up membantu Waiter.

Biasanya, bantuan yang diberikan Runner pada saat clear up hanyalah mengangkat peralatan kotor dari atas meja dan memindahkannya ke Steward untuk dicuci. Sementara Waiter melakukan tugas akhir dengan melakukan penyemprotan dan pengelapan meja hingga bersih dan siap untuk digunakan kembali.

3. Membantu Cleaning Service membersihkan lantai
Tugas Runner yang ketiga adalah membantu Cleaning Service untuk membersihkan lantai yang kotor dari sampah yang terjatuh dari atas meja. Runner membantu membersihkannya dengan menyapu dan selanjutnya Cleaning Service memyempurnakannya dengan melakukan pengepelan lantai hingga bersih.

Demikian tugas-tugas Runner di restoran. Semoga bermanfaat.

Apa Saja Tugas Runner di Restoran? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon