Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

5/29/2015

Pengertian Buffet Service

Selain A la carte, ada jenis sistem pelayanan lain yang digunakan di restoran yaitu buffet service. Buffet service telah dipakai oleh banyak restoran kelas menengah dan atas. Hal ini dikarenakan buffet service sangat praktis.  Untuk mengenal buffet service lebih jauh, kita akan membahas terlabih dahulu mengenai pengertian atau definisi buffet service. Untuk waiter dan waitress, hal ini harus dipahami dengan baik. Selamat membaca.

Pengertian Buffet Service

Buffet service adalah suatu sistem pelayanan dimana makanan dan minuman dihidangkan dengan rapi di atas sebuah meja panjang yang telah di set dengan baik dan tamu mengambil sendiri makanan dan minuman yang disukainya. 


Apa kelebihan buffet service?

Buffet service sangat praktis dan cepat. Tamu tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati makanan dan minuman yang diinginkannya. Selain itu, buffet service tidak memerlukan banyak tenaga waiter dan waitress karena tamu bisa mengambilnya sendiri.

Apa  yang perlu diperhatikan dalam buffet service?
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam buffet service :

1. Kebersihan meja buffet
Saat acara buffet berlangsung, harus ada waiter atau waitress yang mengecek kebersihan meja buffet. Seringkali tumpahan kuah dan saus berceceran di atas meja buffet sehingga tamu berikutnya yang akan mengambil hidangan menu yang tersaji menjadi enggan karena terkesan jorok. Sediakan juga dua atau tiga buah lilin untuk mengusir lalat agar terbang menjauh dari meja buffet. Selain itu, lilin akan membuat meja buffet semakin menarik.

2. Menu buffet
Harus ada satu atau dua waiter yang selalu standby di dekat meja buffet untuk mengecek apakah menu yang ada masih cukup atau perlu ditambah. Misalnya apakah nasi putih nya masih cukup atau perlu ditambah dan sebagainya. Untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan menu, biasanya koki restoran sudah menyiapkan menu spelling atau menu beck up.

Anda juga bisa membaca artikel : Pentingnya Tersedia Paket Menu Buffet di Restoran

3. Kelengkapan alat saji 
Seringkali dalam suatu acara buffet terkendala dengan lalainya waiter dalam menyiapkan alat saji yang tepat untuk mengambil makanan di meja buffet. Hal ini membuat tamu menjadi kesulitan dalam menggambil makanan. Misalnya saja jika ada menu ayam goreng, maka kita harus menyiapkan service tong. Jangan sampai tamu mengambilnya dengan tangan. Selain tidak hygienis, tentu terlihat tidak baik bukan?

4. Penataan menu
Menu yang disajikan di atas meja buffet harus ditata seindah dan semenarik mungkin agar tamu berselera untuk menikmatinya. Jangan sepelekan penataan menu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap minat tamu untuk menikmati makanan yang disajikan atau tidak.

Anda juga bisa membaca artikel : 3 Complaint Tamu yang Paling Sering Terjadi di Restoran dengan Sistem Prasmanan

Demikian pengertian buffet service. Semoga bermanfaat.

Pengertian Buffet Service Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

 

Top