3/06/2015

Tugas Marketing Restoran

Yani Melita  |  at  3/06/2015  |   |  No comments

Kesuksesan sebuah  restoran, tidak terlepas dari andil atau kontribusi yang dihasilkan oleh tim marketing nya. Di beberapa restoran besar, tenaga marketing nya tentu bukan hanya satu atau dua orang. Ini disebabkan karena tugas marketing restoran  yang tidak sedikit. Banyak hal yang harus dilakukan marketing restoran agar restoran tersebut tetap menjadi pilihan favorit bagi semua orang. Lalu apa saja tugas marketing di restoran? Saya akan membahas nya dalam artikel tugas marketing restoran ini untuk memberikan sedikit gambaran bagi anda yang ingin mengetahui apa saja tugas marketing di restoran.

Berikut adalah beberapa tugas marketing di restoran :

1. Membuat strategi promosi dan media promosi
Tim marketing restoran bertugas untuk merancang, men-design, dan menentukan strategi promosi dan media promosi apa yang tepat untuk digunakan dalam menawarkan menu dan fasilitas terbaik restoran kepada konsumen. Media promosi yang dimaksud bisa berupa iklan di radio, iklan di surat kabar, brosur, dan lain sebagainya.

2. Salles Call
Marketing harus secara rutin melakukan salles call. Pengertian dari salles call sendiri adalah melakukan panggilan via telfon untuk menghubungi calon pembeli atau konsumen potensial. Frekuensi atau jumlah  salles call dalam satu hari ditentukan berdasarkan kebutuhan marketing dalam menjaring konsumennya. Semakin tinggi frekuensi salles call yang dilakukan dalam satu hari semakin baik. Namun perlu juga untuk selalu berkoordinasi dengan divisi accounting dan supervisor untuk menghindari pembengkakan biaya pulsa telfon karena tinggi nya pemakaian telfon.

3. Handling Reservasi
Tim marketing juga berperan dalam menangani reservasi dari mulai hingga selesai. Jika di dalam reservasi tersebut terdapat seorang pemimpin rombongan, misalnya tour leader (guide), sopir atau lainnya, maka  tim marketing harus memberikan pelayanan yang baik kepada mereka. Ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik marketing dengan pemimpin rombongan yang membawa tamu atau konsumen ke restoran.

4. SMS Marketing / SMS Promo
Sampai saat ini sms (short message service) masih digunakan semua orang, untuk itu media sms marketing harus tetap dilakukan. Isi dari sms marketing bisa berupa ucapan selamat ulang tahun bagi pelanggan yang tengah berulang tahun, atau promo marketing yang berlaku di waktu tertentu yang bertujuan untuk selalu mengingatkan pelanggan akan restoran tersebut dan menariknya untuk datang kembali. Tim marketing bisa mengetahui kapan pelanggan restoran berulang tahun dari data base pelanggan yang sudah ada.

5. Input Data Pelanggan
Data base pelanggan yang telah didapatkan harus kemudian diinput ke data pelanggan di data base pelanggan yang ada dalam komputer kerja marketing. Data base pelanggan yang telah jadi bisa digunakan untuk melakukan salles call atau sms marketing. Data base pelanggan yang diinput termasuk data base orang-orang penting yang pernah berkunjung ke restoran misalnya kepala instansi tertentu, tour leader, sopir bus dan lainnya.


Anda juga bisa membaca artikel : Cara Mendapatkan Database Pelanggan atau Tamu Restoran

6. Membuat laporan aktivitas harian
Marketing juga harus memberikan laporan tertulis kepada supervisor atau manager restoran mengenai aktivitas apa saja yang sudah dilakukannya dalam satu hari. Hal ini diperlukan untuk mengukur kerja marketing dan pencapaian yang telah didapatkan. Selain itu, dengan ada nya laporan aktivitas harian, manager atau supervisor restoran bisa memberikan masukan atau evaluasi kepada tim marketing mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan kedepannya.

7. Menulis log book marketing
Log book marketing adalah sebuah media komunikasi antar sesama tim marketing. Terkadang, bisa saja antar sesama tim marketing tidak berjumpa dalam satu hari kerja dikarenakan kesibukan di luar area restoran yang padat. Dengan adanya log book marketing, pesan atau memo apapun yang dituliskan bisa dibaca oleh tim marketing lainnya. 

Itulah beberapa tugas marketing restoran. Di beberapa restoran besar, ada juga marketing yang bertugas secara khusus untuk melakukan promosi via online seperti melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan jejaring sosial lainnya. Semoga bermanfaat.

Tugas Marketing Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.