--> Skip to main content

Apa itu Waitress dan Semua Tentang Waitress

Beberapa saat yang lalu, kami melakukan cek pengunjung di Google Analytics dan mendapati ada pembaca Restofocus yang menemukan website ini dengan menggunakan kata kunci "Apa itu Waitress?"

Sebagai jawabannya, di artikel ini Restofocus mencoba membahas apa itu Waitress dan semua tentang Waitress yang semoga bisa membantu bagi sedang mencari informasi seputar Waitress.

Pengertian Waitress

Waitress adalah sebutan bagi pelayan perempuan di restoran yang bekerja melayani makan dan minum tamu restoran secara professional. Sementara pelayanan laki-lakinya disebut sebagai Waiter. 


Standar penampilan Waitress

Berikut adalah beberapa standar penampilan seorang Waitress yang harus dipenuhi saat bekerja di restoran :

1. Kebersihan tubuh dan kulit
Tubuh yang kurang dijaga kebersihannya seringkali akan mengalami berbagai macam penyakit sampai bau badan. Selain itu, kebersihan dan kesehatan kulit juga harus diperhatikan.

Adanya penyakit kulit pada tangan atau wajah, bisa menyebabkan tamu restoran menjadi tidak nyaman karena takut tertular. Untuk itu biasakan mandi sehari 2 kali sehari secara teratur dan konsumsi makanan sehat. 

2. Kebersihan rambut dan penggunaan hairnet
Seorang Waitress juga harus memperhatikan kebersihan rambutnya. Jangan sampai rambut menjadi berketombe karena jarang dicuci atau keramas dengan shampoo.

Seorang Waitress hanya dibolehkan untuk memanjangkan rambut sampai di atas bahu. Jika memiliki rambut yang lebih panjang, maka rambut harus diikat dengan menggunakan hairnet atau bisa juga menggunakan jilbab.

Dilarang keras melakukan aktifitas menggaruk rambut atau kepala saat sedang melayani tamu atau standby di area depan.

3. Make up
Memakai make up adalah hal yang diharuskan bagi seorang Waitress untuk menjaga penampilannya agar selalu fresh dan menarik. Namun demikian, tidak disarankan untuk menggunakan make up secara berlebihan. Untuk penggunaan lipstik, pilihlah warna yang lembut dan jangan terlalu tebal.

4. Kebersihan mulut dan gigi
Sangat penting juga bagi seorang Waitress untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan melakukan sikat gigi secara teratur. Perhatikan gigi Anda saat bercermin agar jangan sampai ada sisa makanan yang menyangkut atau menempel di gigi Anda dan terlihat oleh tamu restoran.

5. Uniform dan Parfum
Uniform atau pakaian seragam harus selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Berikan sedikit parfum dengan aroma lembut untuk menambah kepercayaan diri.

6. Kuku dan Cat kuku
Waitress di restoran juga tidak diperkenankan untuk menggunakan cat kuku apa pun warnanya meskipun tampak cantik. Hal ini biasanya sudah menjadi sebuah standar di semua restoran bahwa kuku jari seorang pramusaji seperti Waiter dan Waitress harus selalu bersih, dipotong pendek dan tidak menggunakan cat kuku.

7. Emas dan perhiasan
Seorang Waitress tidak diperkenankan untuk memakai perhiasan secara mencolok seperti memakai earrings, memakai kalung, memakai gelang emas atau gelang dari bahan lainnya dan juga memakai cincin. Khusus untuk pemakaian cincin menikah dan jam tangan diperbolehkan.

8. Kaki, kaos kaki dan sepatu
Kebersihan dan kesegaran kaki seorang Waitress harus selalu dijaga dengan baik. Untuk kaos kaki, gantilah penggunaan kaos kaki paling lama 2 hari sekali. Penggunaan kaos kaki dalam waktu yang lama akan menyebabkan kaki menjadi berbau tidak sedap dan rentan terhadap serangan jamur dan penyakit kulit lainnya.

Untuk sepatu, seorang Waitress dilarang menggunakan sepatu bertumit tinggi (high heels) untuk menghindari kemungkinan tergelincir atau terjatuh pada saat operasional dimana dibutuhkan kecepatan dalam berjalan.

9. Tatoo
Tatoo pada lengan, leher, wajah, betis atau area yang dapat terlihat tamu restoran tidak diperkenankan. Untuk itu, jika Anda berminat untuk bekerja sebagai seorang Waitress maka sebaiknya hindarilah penggunaan tatoo.

Sikap waitress

Dalam menjalankan aktifitas sebagai seorang Waitress, harus selalu menjaga sopan santun baik dalam berbicara maupun dalam ekspresi tubuh. Waitress akan selalu diperhatikan tamu dan akan menjadi bagian dari sebuah citra yang melekat pada sebuah restoran.

Demikian artikel mengenai apa itu Waitress dan semua hal tentang Waitress. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar