--> Skip to main content

Restoran saya Membutuhkan Manager atau cukup Supervisor?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para Owner restoran adalah apakah mereka membutuhkan seorang Manager atau cukup Supervisor saja.

Ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan dasar dalam menentukan kebutuhan di level pimpinan restoran, apakah kita membutuhkan seorang Manager atau Supervisor.

Lebih ke Teknis atau Strategis

Jika kita membutuhkan seseorang untuk menjadi pemimpin dalam melaksanakan program kerja, maka kita hanya membutuhkan seorang Supervisor dimana ia akan berada di area teknis. Ini artinya kita atau manajemen kantor pusat yang bertugas membuat program kerja, sementara eksekusi atau pelaksanaanya diberikan kepada Supervsior.

Namun jika kita membutuhkan seseorang yang dapat diandalkan untuk memimpin, membuat keputusan-keputusan penting serta bisa menyusun program kerja, maka kita membutuhkan seorang Manager.

Level Manager tidak hanya berada di area teknis tapi juga di area konsep atau strategi, sehingga diperlukan kompetensi yang lebih tinggi daripada level Supervisor.

Berapa Banyak Orang yang Dipimpin

Semakin banyak orang yang dipimpin maka tingkat kesulitan dalam memimpin semakin besar. Karena itu dibutuhkan level kompetensi yang berbeda dalam memimpin. 

Berdasarkan pengalaman empiris kami, restoran yang memiliki sedikitnya 30 orang karyawan dalam satu cabang membutuhkan Manager, di bawah itu cukup Supervisor.

Manager dan Supervisor dalam Satu Restoran

Bagaimana jika restoran kita memasang atau memposisikan keduanya? Ada Manager dan Supervisor dalam satu restoran, bisakah?

Tentu saja bisa dan hal ini sangat berkaitan dengan strategi bisnis. Yang perlu dipertimbangkan adalah beban gaji, pembagian Job Description dan kecepatan Eksekusi.

Dengan adanya dua pimpinan dalam satu resto, otomatis beban gaji restoran akan tinggi karena gaji atau upah di level tersebut memang cukup tinggi.

Selain itu kita juga harus memberikan job description yang jelas sehingga tidak terjadi tumpang tindih (overlap) dalam hal tanggungjawab dan wewenang masing-masing jabatan.

Penting untuk diketahui bahwa struktur organisasi yang gemuk (memiliki banyak level jabatan) bisa kurang efisien jika terjadi banyak overlap tanggungjawab dan wewenang antar level. Pengambilan keputusan akan cenderung lebih lambat sehingga berpengaruh pada kecepatan eksekusi sebuah program.

Jadi mana yang kita butuhkan? jawabannya sangat tergantung pada kondisi dan strategi bisnis masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar