--> Skip to main content

5 Tips Jitu Melamar Kerja di Restoran

Mendapatkan pekerjaan di sebuah restoran merupakan salah satu impian banyak orang, terutama mereka yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tata Boga. 

Selain karena suasana kerja yang menyenangkan, bekerja di restoran juga memiliki banyak benefit lain yang tidak ada atau tidak ditemukan di lingkungan pekerjaan lain.

Jika kamu salah satu dari mereka yang mendambakan pekerjaan di restoran dan telah siap melamar kerja di sana, kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai.


Tips Jitu Melamar Kerja di Restoran

Setiap orang yang melamar kerja tentu berharap untuk bisa diterima bekerja. Karena itu melamar pekerjaan tidak boleh asal-asalan. Perlu persiapan yang matang sebelum melakukannya.

Di artikel ini Restofocus ingin berbagi tips buat kamu yang ingin melamar kerja di restoran. Dengan menerapkan beberapa tips ini, kamu memperbesar peluang kamu untuk bisa diterima bekerja.

Berikut 5 Tips Jitu Saat Melamar Kerja di Restoran:

1. Siapkan Berkas Lamaran Sebaik Mungkin
Kesungguhan kamu untuk mendapatkan pekerjaan bisa dilihat dari seberapa serius kamu mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Umumnya kamu harus menyertakan Kartu Identitas seperti KTP dan Kartu Keluarga, Ijazah Terakhir, Surat Pengalaman Bekerja, Pass Photo, Curriculum Vitae (CV) dan Surat Lamaran Kerja. 

Lengkapi dokumen persyaratan melamar kerja di atas. Lebih baik lagi jika kamu juga menyertakan SKCK dan Surat Keterangan Sehat.

Saat ini melamar kerja bisa via email dan ekspedisi. Manfaatkan dengan baik alternatif ini sebelum kami memutuskan untuk datang langsung.

Jika kamu belum pernah bekerja sebelumnya, maka pengalaman selama magang atau PKL juga dapat memberi nilai positif buat kamu. Jadi jangan ragu untuk menuliskannya dalam CV kamu dan menyertakan sertifikat magang atau PKL kamu.

2. Datang Lebih Awal Saat Sesi Interview
Jika kamu kemudian dapat panggilan interview, jangan sekali-kali datang terlambat. Datanglah lebih awal agar kamu tidak terburu-buru di jalan sekaligus mendapatkan kepercayaan bahwa kamu adalah orang yang disiplin.

3. Perhatikan Kebersihan dan Kerapian Diri
HR restoran sangat memperhatikan kebersihan dan kerapian penampilan pelamar kerja. Karena itu cek kebersihan badan dan kerapian penampilan kamu sebelum masuk ke ruangan interview.

Bau badan, kuku panjang dan rambut yang tidak tertata umumnya adalah penyebab HR memberi penilaian rendah dan menyebabkan kamu tidak lulus interview.

4. Tunjukkan Sikap yang Baik
Sikap yang baik lebih utama dari apa pun. Tunjukkan sikap yang baik selama sesi interview. Tak perlu menjadi orang lain untuk bersikap baik, akan tetapi kamu perlu belajar bagaimana bersikap baik kepada orang lain termasuk kepada orang yang mewawancarai kamu.

5. Siap dengan Sistem Shift
Umumnya setiap restoran menerapkan sistem Shift bagi karyawannya. Jika kamu serius ingin diterima bekerja di restoran, maka kamu harus siap dengan sistem Shift ini. Hal ini berarti kamu tidak akan selalu masuk kerja di pagi hari dan pulang sore hari, tetapi bisa saja kamu masuk kerja siang hari dan pulang malam hari.

Tips yang sangat mudah dan sederhana bukan?

Semoga bermanfaat.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar