12/29/2016

Apakah Seorang Chef Dapat Menentukan Diterima Tidaknya Karyawan Kitchen? Ini Jawabannya!

Dias Akhmad  |  at  12/29/2016  |   |  No comments

Terkadang, karena berbagai hal, dominasi Chef bisa lebih dari yang seharusnya, contohnya saja dalam hal penerimaan karyawan untuk bagian kitchen atau bagian produksi. Chef yang merasa bahwa ia memegang tanggung jawab terhadap kelancaran operasional kitchen dan kualitas menu, menjadi kepoh dengan tugas HRD dalam hal penerimaan karyawan kitchen. Lalu bagaimana sebenarnya peran serta Chef dalam hal penerimaan karyawan kitchen?.


Sama seperti Medical Team

Saat melakukan tes seleksi yang dilanjutkan dengan interview dan ujian praktek memasak, HRD memang membutuhkan bantuan Chef untuk memberi masukan dan penilaian tentang kompetensi calon karyawan kitchen, namun sama sekali tidak untuk ikut memutuskan diterima atau tidak.

Fungsi Chef saat proses penerimaan karyawan kitchen adalah sama halnya dengan ketika HRD meminta Medical Team untuk memeriksa kesehatan seorang calon karyawan. Meski misalnya Medical Team telah melaporkan hasil negatif atas kesehatan seorang calon karyawan, HRD dengan kewenangannya, tetap dapat menerima karyawan tersebut dengan pertimbangan tertentu.

Masa uji coba kerja akan menentukan kualitas

Seorang HRD dapat menentukan diterima tidaknya seorang karyawan dengan berbagai pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Selebihnya, masa uji coba atau masa training karyawan akan menentukan apakah karyawan tersebut bisa lulus atau tidak dalam masa percobaan.

Masa percobaan kerja biasanya berlangsung selama 3 atau 6 bulan dan dapat menunjukkan kualitas dan kompetensi seorang karyawan. Dengan demikian, hal mengenai penerimaan karyawan memang sudah menjadi tugas dan kompetensi HRD yang tak perlu dicampuri, termasuk dalam hal penerimaan karyawan kitchen seperti Chief Cook dan Koki.

Kesimpulannya, masalah diterima atau tidaknya seorang karyawan untuk bekerja di restoran adalah sepenuhnya kewenangan HRD, sementara Chef hanya bisa memberikan masukan dan laporan penilaian yang dibutuhkan HRD sebagai bahan pertimbangan.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa Saja Tugas Seorang Chef di Restoran?

Demikian artikel tentang apakah seorang Chef dapat menentukan diterima tidaknya karyawan kitchen. Semoga bermanfaat.

Apakah Seorang Chef Dapat Menentukan Diterima Tidaknya Karyawan Kitchen? Ini Jawabannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.