Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Strategi Marketing Restoran dan Tantangannya

Saya pernah berbicara dengan beberapa teman marketing restoran mengenai hal apa saja yang mereka temui dan hadapi saat di lapangan. Dari sebagian cerita mereka, saya berkesimpulan bahwa strategi marketing telah menjangkau hal yang semakin luas. Hal apa saja kiranya yang menarik dalam hal ini?, mari kita simak bersama mengenai strategi marketing dan tantangannya.

Dalam artikel yang lalu, saya pernah menyampaikan bahwa kegiatan marketing bisa dilakukan secara daring atau online dan offline atau luring. Marketing secara daring bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial (Facebook, Twitter dan lain-lain), Blog, Website, SMS Promo dan masih banyak lagi. Sedangkan marketing secara luring bisa dilakukan dengan cara melakukan kunjungan ke kantor-kantor atau instansi baik Negeri maupun Swasta untuk melakukan penawaran menu, pemasangan iklan di Televisi, Radio dan Surat Kabar, Pemasangan Baliho atau Billboard, pembagian brosur dan lain-lain.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Marketing Restoran

Hal yang menarik dari hasil pembicaraan antara saya dan beberapa teman marketing restoran, adalah adanya restoran yang telah membuat semacam kontrak kerja sama dengan Sekolah dan Universitas. Dalam hal ini, Sekolah dan Universitas akan selalu memesan makanan dan minuman dari restoran yang melakukan kontrak kerja sama dengannya jika mereka mengadakan sebuah acara atau kegiatan tertentu yang membutuhkan konsumsi. Sedangkan restoran akan memfasilitasi beberapa hal yang bisa diberikan ketika Sekolah atau Universitas menggelar sebuah acara, misalnya dengan menyediakan ruangan secara free, memberikan papan bunga, dekorasi, sampai pemberian discount. Jadi kontrak dibuat dengan saling menguntungkan satu sama lain.

Berdasarkan hal di atas, sekarang kita telah mengetahui bahwa ternyata strategi marketing restoran telah menjangkau sasaran yang lebih luas sekaligus memberikan  tantangan tersendiri bagi tenaga-tenaga marketing restoran untuk bersaing dan menerapkan strategi jitu dalam menjaring pelanggan mereka. 

Jika saat ini restoran kita hanya mengandalkan kunjungan reguler dari tamu-tamu yang kebetulan melintas di depan restoran, atau menunggu konsumen datang hanya dengan mengandalkan rasa menu yang enak dan service yang baik, maka hal itu sekarang belumlah cukup. Kita membutuhkan tenaga marketing handal yang mampu menerapkan strategi pemasaran atau marketing yang baik.


Mengenai kegiatan marketing secara daring, saat ini telah ada beberapa restoran yang telah mengembangkan aplikasi yang bisa diunduh dan diinstall di smartphone untuk memudahkan pelanggannya melakukan pemesanan makanan secara daring. Jadi hanya dengan menggerakkan jari di smartphone, makanan bisa diantar sampai di depan pintu rumah pelanggan. 

Anda juga bisa membaca artikel : Niche Marketing Restoran

Berbicara marketing, maka sungguh ada banyak gairah dan kreatifitas dalam mengembangkan strategi marketing untuk menjawab tantangan perubahan jaman yang berkembang dengan begitu cepat dan pesat.

Demikian artikel tentang strategi marketing restoran dan tantangannya. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top