2/25/2015

Niche Marketing di Restoran

Yani Melita  |  at  2/25/2015  |   |  No comments

Di beberapa restoran besar yang sukses, biasanya memiliki tim marketing yang kuat dan handal. Termasuk dari cakupan luasnya target pasar atau target konsumen, pihak restoran membuat cakupan yang lebih luas dalam misi pencapaian taget omset dan pelanggan loyal. Dengan luas nya target pasar yang dibidik, maka dibuatlah niche marketing di restoran yang nanti nya akan secara terfokus membidik target pasar dengan lebih spesifik dan efektif.

Keberadaan niche marketing di restoran jika dilakukan secara konsisten akan memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaring konsumen untuk datang atau berkunjung ke restoran anda. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai niche marketing di restoran, anda akan saya ajak leih dahulu untuk mengenal apa itu niche marketing.

Apa itu niche marketing?

Niche marketing dalam kamus oxford didefinisikan sebagai "a specialezed but profitable corner of the market" atau bisa diartikan sebagai segmen pasar yang spesifik namun menguntungkan.

Menurut Wikipedia niche marketing didefinisikan sebagai produk atau jasa yang khusus ditujukan untuk memuasakan pasar yang secara spesifik

Sedangkan menurut pendapat saya, niche marketing adalah segmen khusus dari target pasar yang ditangani secara khusus oleh tim ahli untuk pencapaian target pasar secara keseluruhan.

Apa saja niche marketing di restoran?

Niche marketing di restoran bisa di bagi dalam beberapa segmen sebagai berikut :

1. Marketing Online
Bertugas secara khusus untuk menangani target pasar secara online seperti :
a. Contact sales ke biro perjalanan, tour leader, sopir atau crew bus wisata, sms atau bbm promo, ucapan selamat ulang tahun untuk tamu by phone dan lain-lain.
b. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Blog, dan Official Website
Marketing online diharuskan mempunyai kemampuan menulis dan skill communication yang sangat baik.


2. Marekting Offline
Bertugas secara khusus menangani target pasar secara offline seperti :
a. Instansi : membidik konsumen dari instansi pemerintah dan swasta dengan melakukan kunjungan atau penawaran menu dan promosi secara langsung. Biasanya dihandle oleh satu orang tenaga marketing yang ditunjuk secara khusus.
b. Passing guest : membidik konsumen yang mengadakan perjalanan jauh untuk bisa mampir atau berkunjung ke restoran dengan menggunakan berbagai media promosi seperti papan iklan atau roadsign, brosur, peta perjalanan gratis yang menampilkan profil restoran dan alamat restoran.
c. Delivey : membidik konsumen dari wilayah perumahan terdekat atau toko-toko dan pabrik yang mungkin membutuhkan pelayanan delivery dengan melakukan contact sales dan kunjungan promosi langsung.

Anda juga bisa membaca artikel : Kenapa Marketing Restoran Wajib Punya SIM?

Itulah beberapa niche marketing restoran yang bisa anda terapkan di restoran anda bersama tim marketing terbaik anda. Untuk dapat menjalankan semua niche marketing di restoran dibutuhkan tanaga, biaya, dan waktu yang tidak sedikit. Namun, jika dikerjakan dengan konsisten akan memberikan kontribusi dari sisi marketing yang sangat baik untuk restoran anda.

Demikian artikel mengenai niche marketing di restoran. Semoga bermanfaat.

Niche Marketing di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.