Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Mengatasi Kasus Kehilangan Barang Milik Pelanggan di Restoran

Sering kali kita jumpai kasus kehilangan barang milik Pelanggan terjadi di Restoran. Ini biasanya terjadi pada saat kondisi Restoran sedang ramai. Crew Restoran semua sibuk dengan pekerjaannya dan Pelanggan atau Tamu Restoran pun terkadang lupa akan barang yang dibawanya sehingga sangat dimungkinkan terjadinya kasus kehilangan barang milik Pelanggan atau Tamu baik karena lupa/tertinggal atau dicuri oleh orang yang dengan sengaja memanfaatkan kondisi ramai di Restoran.

Sejauh pengetahuan saya, belum ada satu Restoran pun yang memberikan jaminan akan keamanan barang bawaan tamu atau memberikan Penggantian terhadap barang milik Tamu yang hilang di Restoran. Jadi apa Solusi atau cara mengatasi kasus kehilangan barang milik pelanggan di restoran anda?

Berikut adalah cara mengatasi kasus kehilangan barang milik tamu atau pelanggan di restoran :

1. Tempelkan Notice info seperti Leaflet di meja tamu yang berisi informasi untuk selalu menjaga barang bawaannya dan sampaikan juga bahwa kehilangan barang tidak menjadi tanggungan Management Restoran.

2. Sounding kan via Microfon tentang informasi yang mengingatkan Pengunjung Restoran untuk selalu menjaga barang bawaannya. 

3. Posisikan Petugas Security di area strategis seperti disisi samping kasir dan pintu masuk Dining Hall.

4. Jika ada barang milik Tamu atau Pelanggan yang tertinggal di area Restoran, maka simpanlah di Kasir dan catat dalam Buku Barang Tertinggal.

5. Jika barang milik Tamu atau Pelanggan hilang karena dicuri, maka ajaklah Tamu atau Pelanggan tersebut untuk duduk di area yang lebih Pribadi seperti di Office atau di area yang tenang. Jika Restoran anda dilengkapi dengan CCTV, maka ajaklah tamu atau Pelanggan untuk melihat nya bersama anda atau Supervisor Restoran anda. Jika sudah clear, bantulah mengantar Tamu atau Pelanggan untuk membuat laporan kehilangan ke Kantor Kepolisin terdekat jika perlu. Jangan lupa untuk meminta maaf atas kejadian kehilangan barang tersebut meskipun itu bukan salah anda. Tapi secara etika anda tetap harus meminta maaf, paling tidak sebagai rasa ikut perihatin atas kejadian tersebut yang terjadi di Restoan anda.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Penanganan Barang Milik Tamu yang Tertinggal di Restoran

Demikian cara mengatasi kasus kehilangan barang milik pelanggan di restoran.
Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top