--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kasus Kehilangan Barang Milik Pelanggan di Restoran

Sering kali kita jumpai kasus kehilangan barang milik pelanggan terjadi di restoran. Ini biasanya terjadi pada saat kondisi restoran sedang ramai. Crew restoran semua sibuk dengan pekerjaannya dan Pelanggan atau Tamu restoran pun terkadang lupa akan barang yang dibawanya sehingga sangat dimungkinkan terjadinya kasus kehilangan barang milik pelanggan atau tamu baik karena lupa/tertinggal atau dicuri oleh orang yang dengan sengaja memanfaatkan kondisi ramai di restoran.


Sejauh pengetahuan saya, belum ada satu restoran pun yang memberikan jaminan akan keamanan barang bawaan tamu atau memberikan penggantian terhadap barang milik tamu yang hilang di restoran. Jadi apa solusi atau cara mengatasi kasus kehilangan barang milik pelanggan di restoran Anda?

Berikut adalah cara mengatasi kasus kehilangan barang milik tamu atau pelanggan di restoran :

1. Tempelkan inforamsi seperti Leaflet di meja tamu yang berisi peringatan untuk selalu menjaga barang bawaan dan sampaikan bahwa kehilangan barang tidak menjadi tanggungan manajemen restoran.

2. Umumkan via Microfon untuk mengingatkan pengunjung restoran agar selalu menjaga barang bawaannya, terutama pada saat kondisi restoran sangat ramai. 

3. Posisikan petugas security di area strategis seperti di sisi samping kasir dan pintu masuk dining hall.

4. Jika ada barang milik tamu atau pelanggan yang tertinggal di area restoran, maka simpanlah di Kasir dan catat dalam Buku Barang Tertinggal.

5. Jika barang milik tamu atau pelanggan hilang karena dicuri, maka ajaklah tamu atau pelanggan tersebut untuk duduk di area yang lebih pribadi seperti di office atau di area yang tenang. Jika restoran Anda dilengkapi dengan CCTV, maka ajaklah tamu tersebut untuk melihatnya bersama Anda atau Supervisor restoran Anda.

Jika sudah clear, bantu lah mengantar tamu atau pelanggan untuk membuat laporan kehilangan ke kantor Kepolisian terdekat jika perlu. Jangan lupa untuk meminta maaf atas kejadian kehilangan barang tersebut meskipun itu bukan salah Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda ikut prihatin atas kejadian tersebut yang terjadi di restoran anda.

Demikian cara mengatasi kasus kehilangan barang milik pelanggan di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar