4/06/2014

Langkah Pelayanan Standart di Restoran (Part 2)

Dias Izdihar  |  at  4/06/2014  |   |  No comments

Menyambung artikel sebelumnya mengenai langkah pelayanan standar di restoran, berikut langkah atau step selanjutnya yang merupakan kelengkapan dari langkah pelayanan standar di restoran.

Pada artikel yang lalu telah diuraikan langkah ke-1 sampai dengan langkah ke-3 pelayanan standart restoran yaitu:

1. Salam (Greeting)
2. Menempatkan Tamu (Seating the Guest)
3. Memberikan Buku Menu (Presenting the Menu Book)

Sekarang kita akan masuk ke langkah ke-4 sampai langkah ke-6, sebagai berikut:

4. Mencatat pesanan (Taking Order)
Taking Order dilakukan oleh Waiter  dengan sikap sempurna, yaitu: tidak bersandar pada meja tamu, tidak menopang tangan di meja tamu dan tidak melipat kaki atau berdiri dengan bertumpu pada satu kaki. poinnya adalah mengambil sikap sempurna dengan sopan namun tetap santai.

Hal yang penting lainnya dalam mencatat pesanan atau taking order adalah konfirmasi atau mengulang pesanan, contohnya: "Mohon maaf, kami ulang pesanannya sebentar, untuk makanannya 1 Sop Buntut, 2 Nasi Putih dan 1 Cumi Goreng Tepung, untuk minumnya 1 Jus Jeruk dan 2 Es Lemon Tea". Konfirmasi dilakukan untuk menghindari kesalahan  saat menctatat pesanan tamu dan menghindari terjadinya miss communication antara tamu dengan waiter/ss.

5. Menempatkan Bill Order (Placing Bill)
Ini berlaku bagi restoran yang masih menggunakan sistem tradisional dimana Bill pesanan harus dibagi penempatannya oleh Waiter sesuai sectionnya masing-masing. Biasanya Bill pesanan terdiri dari 4 rangkap dengan sistem karboness. 4 rangkap tersebut terdiri dari :

  • Lembar pertama, biasanya berwarna putih untuk kasir, 
  • Lembar kedua, biasanya berwarna merah, untuk checklist dimeja tamu, 
  • Lembar ketiga, biasanya berwarna kuning,ditempatkan di section food atau makanan
  • Lembar keempat, biasanya berwarna hijau untuk section bar atau barista.
Dewasa ini sudah banyak resto yang memnfaatkan teknologi LAN (Lokal Area Connection) dalam penempatan order pesanan. Saat kasir meng-input data pesanan, maka secara otomatis, printer yang telah ditempatkan di section food dan barista akan mencetaknya, dengan demikian, tugas waiter/ss dalam menempatkan Bill Order sudah digantikan oleh mesin Printer.

6. Menyajikan makanan dan minuman (Serving Food and Beverage)
Penyajian makanan dan minuman dilakukan dari sebelah kanan tamu serta diusahakan minuman bisa keluar lebih dulu. Perlu diingat oleh Waiter pada saat membawa makanan dan minuman dari loket Food dan Barista, hendaklah dibiasakan untuk memeriksanya lebih dulu, apakah sudah disajikan lengkap dengan garnish atau belum, apakah sudah ada sendok dan sedotannya atau belum, atau bahkan apakah ada sesuatu, baik kotoran atau serangga yang menempel pada makanan dan minuman. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya complaint oleh tamu.



Demikian langkah ke-4 sampai ke-6 dari langkah pelayanan standar di restoran (part 2). Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa membaca artikel :  Langkah Pelayanan Standar Restoran (Part 3). .

Langkah Pelayanan Standart di Restoran (Part 2) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.