--> Skip to main content

Langkah Pelayanan Standart di Restoran (Part 2)

Menyambung artikel sebelumnya mengenai langkah pelayanan standar di restoran, berikut langkah atau step selanjutnya yang merupakan kelengkapan dari langkah pelayanan standar di restoran.

Pada artikel yang lalu telah diuraikan langkah ke-1 sampai dengan langkah ke-3 pelayanan standar restoran yaitu:

1. Salam (Greeting)
2. Menempatkan Tamu (Seating the Guest)
3. Memberikan Buku Menu (Presenting Menu Book)

Sekarang kita akan masuk ke langkah ke-4 sampai langkah ke-6, sebagai berikut:

4. Mencatat pesanan (Taking Order)
Taking Order dilakukan oleh Waiter  dengan sikap sempurna, yaitu: tidak bersandar pada meja tamu, tidak menopang tangan di meja tamu dan tidak melipat kaki atau berdiri dengan bertumpu pada satu kaki. Poinnya adalah mengambil sikap sempurna dengan sopan namun tetap santai.

Hal yang penting lainnya dalam mencatat pesanan atau taking order adalah konfirmasi atau mengulang pesanan, contohnya:

"Mohon maaf, kami ulang pesanannya, untuk makannya 1 Sop Buntut, 2 Nasi Putih dan 1 Cumi Goreng Tepung. Untuk minumnya 1 Jus Jeruk dan 2 Es Lemon Tea"

Konfirmasi dilakukan untuk menghindari kesalahan  saat mencatat pesanan tamu dan menghindari terjadinya miss communication antara tamu dengan Waiter/ss.

5. Menempatkan Nota Pesanan (Placing Bill)
Ini berlaku bagi restoran yang masih menggunakan sistem tradisional di mana CO (Captain Order) harus dibagi penempatannya oleh Waiter sesuai sectionnya masing-masing. Biasanya CO terdiri dari 4 rangkap dengan sistem carboness. 4 rangkap tersebut terdiri dari :
  • Lembar pertama, biasanya berwarna putih diberikan ke kasir, 
  • Lembar kedua, biasanya berwarna merah muda, di taruh di meja tamu untuk checklist, 
  • Lembar ketiga, biasanya berwarna kuning,diberikan ke section food atau makanan
  • Lembar keempat, biasanya berwarna hijau muda untuk section bar atau barista.
Saat ini sudah banyak resto yang memanfaatkan teknologi LAN (Lokal Area Connection) dalam penempatan pesanan. Saat kasir meng-input pesanan, maka secara otomatis, printer yang telah ditempatkan di section food dan barista akan mencetaknya, dengan demikian, tugas waiter/ss untuk membagikan CO sudah digantikan oleh mesin Printer.

6. Menyajikan makanan dan minuman (Serving Food and Beverage)
Penyajian makanan dan minuman dilakukan dari sebelah kanan tamu serta diusahakan minuman bisa keluar lebih dulu. Jangan sampai ada pelanggan yang telah selesai makan tapi minumnya belum tersaji.

Perlu diingat oleh Waiter pada saat membawa makanan dan minuman dari loket Food dan Barista, hendaklah dibiasakan untuk memeriksanya lebih dulu, apakah sudah disajikan lengkap dengan garnish atau belum, apakah sudah ada sendok dan sedotannya atau belum, atau bahkan apakah ada sesuatu, baik kotoran atau serangga yang menempel pada makanan dan minuman. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya complaint oleh tamu.



Demikian langkah ke-4 sampai ke-6 dari langkah pelayanan standar di restoran (part 2). Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar