4/06/2014

Langkah Pelayanan Standart di Restoran

Dias Akhmad  |  at  4/06/2014  |   |  No comments

Untuk mewujudkan pelayanan yang baik demi memuaskan tamu atau pelanggan restoran, maka perlu  dibuat suatu standar khusus dalam pelayanan yang dikenal sebagai langkah pelayanan standar restoran.

Tak hanya berlaku di restoran besar, adanya standar pelayanan juga menjadi sebuah tolak ukur dan nilai tambah dalam ruang lingkup bisnis kuliner yang lebih kecil, miulai dari restoran minang, rumah makan padang, hingga warung makan biasa sekalipun.

Mengingat pentingnya langkah pelayanan standar restoran ini, maka Restofocus memuat tulisan ini secara khusus bagi Anda para pemilik restoran, baik skala besar, menengah maupun kecil. Langkah pelayanan standar restoran ini dibuat berdasarkan pengalaman kami selama bekerja di beberapa restoran skala nasional selama beberapa tahun.

Berikut adalah urutan (step by step) langkah pelayanan standar restoran :

1. Salam (Greeting)
Salam atau ucapan sapaan saat tamu atau pelanggan memasuki restoran. Kalimat salam atau sapaan ini bisa berupa kalimat sederhana seperti : "Selamat pagi.., Selamat datang di restoran kami, silahkan...." atau bisa juga dengan kalimat khusus yang unik yang bertujuan mengingatkan tamu terhadap restoran tersebut atau membuat kesan unik yang mengingatkan orang akan restoran tersebut.

Misalnya kita ambil contoh nama restorannya adalah "Rumah Iga Bakar" (Mohon maaf jika ada kesamaan nama), maka ucapan salamnya adalah :

"Rumah Iga Bakar selamat pagi, Silahkan.."

atau

"Selamat pagi, selamat datang di Rumah Iga Bakar, silahkan.."

Salam ini dilakukan boleh oleh Waiter atau bisa juga oleh Greeter yaitu Petugas yang ditunjuk secara khusus untuk melakukan salam atau Greeting.

2. Menempatkan tamu (Seating the Guest)
Ini adalah langkah pelayanan standar restoran yang kedua, di mana tamu atau pelanggan telah memasuki area hall atau tempat meja-meja dipersiapkan untuk tamu-tamu yang akan makan.

Dalam langkah ini, perlu diingat bahwa posisi Waiter haruslah berada di depan atau sejajar dengan tamu yang berada pada posisi paling depan. Jadi, bukan dibelakang tamu. Ini untuk memberi petunjuk kepada tamu ke mana arah jalan yang tepat menuju meja yang tepat.

Dalam sesi ini, Waiter hendaklah memperhatikan berapa jumlah tamu untuk menyesuikan dengan di mana meja atau tempat duduk yang tepat untuk tamu tersebut (menyesuaikan kapasitas tempat duduk).

3. Memberikan Buku Menu (Presenting Menu Book)
Langkah pelayanan standar restoran yang ketiga ini dilakukan setelah tamu telah duduk. pada sesi ini, Waiter disarankan untuk berada 1 langkah dari meja tamu. Posisi tubuh atau sikap badan Waiter adalah berdiri tegak namun santai.

Tidak diperkenankan untuk berdiri dengan tidak sopan seperti bersandar pada meja tamu, meletakkan tangan pada meja tamu atau melipat kaki pada saat seharusnya berdiri dengan sempurna. Buku menu lebih disarankan untuk diberikan dari arah kanan dan dalam keadaan terbuka.


Untuk menghindari artikel ini menjadi terlalu panjang, penulis membaginya ke dalam tiga bagian, yaitu bagian/part 1 yang saat ini tengah Anda baca, part2 dan part3.

Demikian artikel tentang langkah pelayanan standar di restoran. Semoga bermanfaat.

Langkah Pelayanan Standart di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.