--> Skip to main content

Langkah Pelayanan Standart Restoran (Part 3)

Pada artikel yang lalu telah diuraikan mengenai langkah pelayanan standar di restoran sampai dengan langkah keenam, yaitu menyajikan makanan dan minuman atau serving food and beverage. Sekarang, mari kita lanjutkan ke langkah pelayanan selanjutnya yang merupakan bagian terakhir dari langkah pelayanan standar di restoran. Selamat membaca.


Langkah selanjutnya dari langkah pelayanan standar restoran sebagai berikut :

7. Membantu tamu melakukan pembayaran (Billing System)
Pembayaran pada konsep ini dilakukan setelah tamu selesai makan dan bersiap ingin pergi meninggalkan restoran. Pada sesi ini, Waiter melakukan konfirmasi kepada tamu mengenai berapa total yang harus dibayar. Contohnya:

"Permisi, totalnya Seratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah"

Pada saat tamu memberikan sejumlah uang untuk membayar, maka Waiter harus menghitung dan menyebutkan berapa jumlah uang yang diterimanya. ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan. Contohnya:

"Uangnya Dua Ratus Ribu ya. Mohon ditunggu kembaliannya"

Catatan : untuk restoran yang menerapkan sistem Cash on Table, langkah ini bisa dilakukan pada saat selesai taking order.

8. Ucapan terima kasih (Thank you)
Dilakukan oleh semua crew front liner (Supervisor, Kasir, Waiter, Marketing hingga Satpam) yang berpapasan dengan tamu yang hendak pulang meninggalkan restoran. Di beberapa restoran, aktivitas ini dibarengi dengan cara mengantar tamu sampai ke pintu mobil dengan payung yang melindungi tamu (terutama anak-anak dan lansia) dari panas dan hujan.

9. Membersihkan dan merapikan kembali meja (Clear up)
Inilah langkah terakhir dari langkah pelayanan standar restoran. Waiter dengan dibantu Bush Boy atau Cleaning Service membersihkan meja dan lantai dari sisa-sisa makanan hingga meja kembali bersih dan siap digunakan oleh pengunjung berikutnya.

Demikian artikel langkah pelayanan standar di restoran bagian 3. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar