--> Skip to main content

Pelanggan Complaint Soal Harga Menu yang Berbeda Antara yang Ada di Buku Menu dan di Komputer Kasir, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagi restoran yang masih menggunakan buku menu manual atau buku menu yang dicetak, sangat mungkin terjadi perbedaan harga antara yang tertera di buku menu dengan yang tercatat di mesin atau komputer Cashier (Point of Sell (POS)).

Perbedaan harga tersebut terjadi karena lupa melakukan update harga, misalnya di buku menu, harga menu A kita naikkan, tapi kita lupa mengubah/menyesuaikan harga lama menu A di POS, atau sebaliknya.

Lalu bagaimana jika terjadi complaint mengenai perbedaan harga oleh pelanggan?

Keluhan atau complaint mengenai ke-tidak-sesuaian harga ini adalah masalah klasik yang umum terjadi. Ini terjadi karena pihak restoran salah mengambil keputusan saat complaint soal perbedaan harga terjadi.

Tak jarang masalah ini menjadi masalah besar yang berujung pada kekecewaan pelanggan. Sesuatu yang sangat harus kita hindari.

Jangan sampai kita menganggap bahwa complaint tentang perbedaan harga ini sebagai masalah kecil dikarenakan selisih nominal perbedaan harga yang kecil. Masalah utamanya bukan terletak pada besar kecilnya nominal. tapi pada akuntabilitas perusahaan di mata pelanggan. 

Pelanggan yang kehilangan kepercayaan kemungkinan besar tak akan pernah kembali.

Solusi ketika terjadi complaint perbedaan harga adalah dengan memberikan harga terendah kepada pelanggan. Sebagai contoh, jika harga menu A di buku menu lebih rendah dengan yang terdapat di POS, maka harga yang dipakai adalah harga yang tertera di buku menu.

Selain memberikan harga terendah, kita juga harus tetap menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan atas perbedaan yang terjadi.

Perbedaan harga terjadi karena kelalaian atau kesalahan kita dimana pelanggan semestinya tidak dirugikan.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar