--> Skip to main content

Pengembangan SDM Restoran - Leader Sebagai Mentor

Salah satu tanggung jawab para leader adalah meningkatkan kompetensi seluruh tim di bawah nya (member). Karena itu,sudah semestinya bagi seorang leader, baik Manager, Supervisor atau Captain mampu menjadikan dirinya sebagai mentor bagi member nya.

Menjadi mentor berarti, pertama-tama yang harus dikuasai, adalah diri sendiri. Seorang leader harus mampu leading self atau memimpin diri sendiri terlebih dulu sebelum menjadi pemimpin bagi yang lain. Jika tidak, maka ia akan tumbuh menjadi pemimpin yang buruk (bad leader).

Kedua, untuk menjadi leader yang baik (good leader), seseorang harus mampu berkomunikasi secara baik. Ia harus bisa menyampaikan sesuatu (telling) dengan efektif dan efisien.

Ketiga, selain telling, leader juga harus mampu menunjukkan bagaimana cara melakukan sesuatu dengan baik (showing). Banyak leader yang hanya sekedar telling dalam menyampaikan suatu point tanpa kemampuan untuk showing. 

Untuk mampu melakukan showing, seorang leader dituntut untuk belajar lebih banyak tentang teknis lapangan. Tak hanya sekedar teori semata berdasarkan buku pentunjuk manual atau SOP. Semakin banyak kemampuan teknis yang dimiliki seorang leader, akan semakin baik.

Keempat, seorang leader juga harus memberikan feedback atas apa yang telah dicapai atau dilakukan membernya. Dengan demikian, member akan mengerti apa yang harus dipertahankan, ditingkatkan atau dihilangkan dari kebisaannya dalam bekerja.

Terakhir, seorang leader harus melakukan monitor terkait perkembangan kompetensi member nya. Dengan melakukan monitor, seorang leader bisa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilannya dalam melakukan mentoring sekaligus sebagai feedback berikutnya bagi member.

Dengan menjadi mentor bagi member, para leader sesunguhnya tengah menyiapkan calon-calon leader berikutnya. Pada saat yang sama, keberhasilan para leader dalam melakuakn mentoring akan berimbas pada peningkatan kinerja member yang memungkinkan para leader untuk memikirkan target-target selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar