--> Skip to main content

#TumpukDiTengah, Budaya Positif Saat Selesai Makan di Restoran

Di Indonesia, istilah pembeli adalah raja sepertinya masih melekat di benak banyak orang. Maka secara psikologis, pembeli selalu ingin dilayani dengan baik. Namun bagaimana jika kita melakukan suatu hal yang agak berbeda, contohnya membereskan alat saji yang telah kita pakai untuk makan di restoran.

Beberapa tahun yang lalu ada sebuah gerakan yang viral di media sosial dengan nama gerakan #TumpukDiTengah. Gerakan tersebut mengajak setiap orang yang makan di restoran, cafe atau warung makan untuk membantu membereskan alat saji yang mereka gunakan untuk makan. 

Tujuan gerakan #TumpukDiTengah adalah untuk membantu meringankan pekerjaan waiter sebagai wujud penghargaan kepada profesi waiter. 

Restofocus sangat setuju dan mendukung gerakan #TumpukDiTengah ini. Sebuah gerakan yang jika dilakukan secara konsisten akan menjadi budaya positif bagi kita saat selesai makan di restoran.


Apa itu gerakan #TumpukDiTengah?

Gerakan #TumpukDiTengah adalah sebuah kampanye oleh sebagian masyarakat untuk menumpuk alat saji yang sudah digunakan untuk makan ke tengah meja agar meja lebih rapi dan lega.

Cara melakukan TumpukDiTengah

Cara melakukan TumpukDiTengah cukup sederhana, berikut beberapa langkahnya :

1. Pisahkan sampah dan sisa makanan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan  sampah dan sisa makanan ke dalam satu alat saji. Jika ada sebaiknya gunakan sebuah mangkuk besar untuk menampung semua sisa makanan.

Tujuannya supaya alat saji yang lain bersih dari sampah dan sisa makanan. Ini akan mempermudah bagian pencucian (steward) saat melakukan pencucian alat saji.

Jika kita langsung menumpuknya, maka alat saji bisa menjadi semakin kotor. Dampaknya, pekerjaan steward akan semakin berat. 

Lebih baik lagi jika kita menghabiskan semua makanan yang kita pesan dan tidak menyisakannya.

2. Menumpuk alat saji dengan baik dan aman
Pastikan kita menumpuk alat saji dengan baik dan aman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan :
  • Taruh piring atau alat saji yang paling lebar, besar dan kuat di bagian paling bawah
  • Setelah piring, kita bisa menaruh/menumpuk mangkuk di atasnya
  • Setelah mangkuk, kita bisa menaruh sendok dan garpu ke bagian tengah/dalam mangkuk
  • Jangan menaruh/menumpuk gelas di atas mangkuk. Biarkan gelas tetap berada di permukaan meja. Cukup kumpulkan gelas.
  • Perhatikan ketinggian tumpukan alat saji. Kita harus memperkirakan apakah piring yang berada di bagian bawah cukup kuat menahan beban. Tumpukan yang terlalu tinggi juga beresiko jatuh saat dibawa oleh waiter.
Maafaat #TumpukDiTengah

Menumpuk alat saji yang sudah digunakan untuk makan ke tengah meja mempunyai beberapa manfaat :

1. Meja menjadi rapi dan lega
Dengan meja yang rapi dan lega, kita bisa lebih nyaman saat akan mengobrol santai setelah makan.

2. Meringankan pekerjaan waiter
Dengan alat saji yang sudah kita tumpuk di tengah meja, maka hanya diperlukan satu tarikan saja bagi waiter  untuk mengangkat alat saji yang kotor dari meja. Ini tentu saja sangat meringankan pekerjaan waiter.

3. Memudahkan pengunjung lain untuk mendapatkan meja (tempat duduk)
Saat restoran ramai, maka akan susah sekali mendapatkan meja kosong. Dengan melakukan #TumpukDiTengah, kita sudah memudahkan orang/pengunjung lainnya untuk mendapatkan meja yang sudah rapi. 

Jadi mulai saat ini, mari kita budayakan #TumpukDiTengah saat selesai makan di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar