April 13, 2019

Restoran dan Nilai Tambah Bagi Pelanggan

Dias Akhmad  |  at  April 13, 2019  |   |  No comments

Jika restoran kita memiliki menu makanan yang enak, maka untuk saat ini, itu wajar dan biasa. Wajar karena memang jika ingin produknya dibeli orang maka rasanya harus lah enak. Biasa karena saat ini sudah sangat banyak restoran yang menawarkan menu yang enak.

Jika kita hanya mengandalkan menu atau produk yang enak saja, maka bersiap-siaplah untuk kehilangan banyak pelanggan.

Jika satu orang pelanggan bisa membelanjakan uangnya Rp. 30.000,- setiap kali bertransaksi di restoran Anda, maka berapa banyak potensi kehilangan omzet jika dalam satu bulan restoran Anda kehilangan 10 hingga 50 orang pelanggan?

Tentu sangat disayangkan bukan?

Jika Anda tidak mau kehilangan pelanggan, maka pikirkan lah satu pertanyaan penting ini :

"Nilai tambah (added value) apa yang bisa restoran Anda berikan untuk pelanggan?"

Jika jawabannya masih belum Anda temukan, maka barangkali beberapa hal di bawah ini dapat menginspirasi Anda untuk mulai memberikan nilai tambah bagi pelanggan :

1. Cemilan dan Teh Tunggu

Saat ada pelanggan yang memesan, baik makan di tempat (dine in) mau pun bungkus (take away), maka mereka akan melakukan hal yang paling membosankan, yaitu menunggu.

Semakin lama waktu tunggu, semakin bosan dan terkadang menjengkelkan. Itu lah yang dirasakan oleh pelanggan saat menunggu pesanan mereka.

Jika Anda ingin mengubah kebosanan dan kejengkelan mereka menjadi sebuah moment yang menyenangkan, maka barangkali, sebuah cemilan dan teh manis yang disuguhkan secara cuma-cuma bagi mereka akan berguna.

Saat ini banyak driver Gofood dan Grabfood yang sangat sering datang ke restoran Anda untuk memesan makanan. Bagaimana jika Anda memberikan cemilan dan teh tunggu untuk mereka? ide bagus bukan?

2. Photo Booth

Saat ini banyak orang yang sangat suka berfoto untuk kemudian diunggah ke social media seperti Instagram, baik dengan cara swafoto (selfie) mau pun ramai-ramai.

Orang akan tertarik untuk berfoto manakala melihat tempat yang cantik, unik dan menarik untuk berfoto. Alias Instagramable.


Untuk mengakomodir kebutuhan berfoto, bagaimana jika Anda membuat Selfie Spot atau Photo Booth yang cantik, unik dan menarik?

Semakin banyak orang yang mengunggah foto mereka dengan latar belakang Selfie Spot atau Photo Booth restoran Anda, maka semakin baik.

3. Sarana Ibadah

Sarana ibadah seperti Mushollah dan perlengkapan sholat adalah hal penting bagi setiap pelanggan. Mereka sangat ingin berlama-lama di restoran saat makan bersama keluarga atau rekan kerja, namun mereka juga tak ingin mengabaikan waktu ibadah.

Adalah hal yang sangat bermanfaat bagi pelanggan jika Anda memperhatikan kebutuhan pelanggan akan tempat ibadah dan perlengkapannya.

Oh ya, jangan lupa dengan kerapian dan kebersihan tempat ibadahnya ya.

4. Ruang Laktasi

Ruang laktasi akan sangat membantu pelanggan yang ingin menyusui anaknya atau sekedar memompa ASI. Hal ini adalah kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi oleh sebuah restoran. Hal ini mengingat bahwa restoran adalah salah satu ruang publik yang sangat sering dikunjungi banyak orang termasuk ibu menyusui.

5. Playground

Saat pelanggan membawa serta anak-anaknya ke restoran, maka mereka juga sangat menginginkan anak-anaknya dapat bermain dengan aman dan nyaman di restoran selagi mereka menikmati makanan atau mengobrol santai. Keberadaan Playground atau Taman Bermain akan sangat bermanfaat bagi pelanggan yang membawa anak-anak.

Bagaimana? apakah Anda sudah mulai punya ide baru untuk membuat lebih banyak nilai tambah bagi pelanggan restorran Anda? jika ya, selamat! Anda telah selangkah lebih maju dari yang lain.

Semoga bermanfaat.

Restoran dan Nilai Tambah Bagi Pelanggan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.