Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tugas HRD Recruitment di Restoran

Selain HRD Manager, ada juga jabatan lain dalam divisi HRD (Human Resources Of Development), yaitu HRD Recruitment yang berperan membantu HRD Manager dalam mengelola dan menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan SDM (sumber daya manusia) di restoran. Artikel ini ditulis untuk melengkapi artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang tugas HRD Manager di restoran. Selamat membaca.

Secara harfiah, HRD Recruitment berarti bagian atau divisi HRD yang menangani masalah rekrutmen, yaitu suatu proses mencari, menemukan, mengajak serta menetapkan sejumlah orang sebagai calon karyawan dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia.


Namun, dalam pelaksanaannya, tugas dan pekerjaan seorang HRD Recruitment tidaklah hanya tentang rekrutmen semata, melainkan ada beberapa tugas lain yang juga diembankan kepada seorang HRD Recruitment yang memang diposisikan untuk membantu tugas-tugas HRD Manager.

Tugas-tugas HRD Recruitment

Berikut beberapa tugas HRD Recruitment di restoran :
  • Bertanggung jawab dalam membantu dan melaporkan kepada HRD Manager dalam bidang hiring (merekrut) & firing (memecat) karyawan.
  • Menyusun prosedur seleksi rekrutmen (recruitment) karyawan baru.
  • Melakukan koordinasi dengan SPV (Supervisor) di semua outlet/store untuk mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap bulan.
  • Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir/seleksi lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
  • Merekomendasikan kandidat potensial berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal kepada HRD Manager, serta mengatur jadwal interview lanjutan.
  • Menyiapkan perjanjian/kontrak kerja karyawan serta memperbaharui (update) masa berlaku kontrak kerja.
  • Memasukkan (input) data karyawan ke sistem database karyawan
  • Membuat laporan rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (misalnya: tambahan anak, menikah, berhenti).
  • Bersama HRD Manager melakukan sosialiasi kebijakan perusahaan kepada karyawan

Catatan : tugas-tugas HRD Recruitment di atas bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan/restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas HRD Manager di Restoran

Demikian artikel tentang tugas HRD Recruitment di restoran. Jangan lupa tinggalkan komentar dan bantu share artikel ini dengan klik tombol share media sosial di bagian bawah artikel. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top