10/24/2016

Pengaruh Lokasi Restoran Terhadap Pencapaian Omset Penjualan

Dias Akhmad  |  at  10/24/2016  |   |  No comments

Jika kita pernah mendengar bahwa ada restoran yang letak atau lokasinya sulit dijangkau tapi  ramai dikunjungi orang, maka yakinlah bahwa jumlah restoran yang seperti itu sangat sedikit. Biasanya restoran tersebut memiliki keunggulan khusus dari sisi menu, utamanya rasa yang enak, sehingga orang sampai rela berjalan kaki dan memarkir kendaraannya di sembarang tempat hanya untuk mendapatkan menu istimewa yang dijual restoran tersebut.


Lalu bagaimana jika ada restoran dengan menu standar baik memaksakan diri untuk buka di lokasi yang tidak strategis?

Di sini kita sepakat untuk menggaris-bawahi kata standar baik, artinya kualitas menunya termasuk baik dan restoran ini buka di tempat yang tidak strategis, misalnya di sebuah jalan kecil dimana suasana di lokasi tersebut hanya ramai di siang hari, sementara restoran tersebut memiliki jam buka dari 10 pagi hingga 10 malam. 

Meski memiliki menu dengan kualitas baik, harga murah dan pelayanan yang juga baik, orang tetap akan segan untuk datang jika ia harus memarkir mobilnya di badan jalan karena restoran tersebut tidak memiliki pelataran parkir misalnya, atau kemungkinan lainnya, orang juga malas melintasi jalanan yang sepi di malam hari dan lebih memilih lokasi yang ramai dimana mereka bisa sekalian berbelanja, menarik uang di ATM dan lain-lain.

Saat orang atau konsumen makan di restoran, ia juga akan berpikir tentang keamanan kendaraannya. Meski ia sangat suka dengan menu yang dijual di sebuah restoran, namun jika ia harus berjalan kaki dan meninggalkan mobilnya sembarangan tanpa pengawasan petugas parkir, maka ia pasti akan berpikir dua kali.

Selain kemananan, hal lain yang sering dipertimbangkan adalah kemudahan akses. Baik akses parkir, akses berbelanja dan lain-lain. Berada di lokasi yang tidak strategis tentu saja akan mengorbankan akses kemudahan bagi konsumen.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut akan sangat mempengaruhi keputusan orang untuk memilih restoran mana yang akan ia datangi. Ini artinya lokasi restoran sangat berpengaruh dalam hal mendatangkan pengunjung dan pencapaian omset penjualan restoran.

Kesimpulan :

Bagaimanapun masalah lokasi adalah hal yang harus sangat diperhatikan sejak awal. Memilih lokasi yang baik dan stategis adalah salah satu modal awal untuk membuka restoran yang sukses. Memaksa diri membuka restoran di tempat yang tidak strategis akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian omset penjualan restoran nantinya.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa Kerja di Restoran itu Menyenangkan?

Demikian artikel tentang pengaruh lokasi restoran terhadap pencapaian omset penjualan. Semoga bermanfaat.

Pengaruh Lokasi Restoran Terhadap Pencapaian Omset Penjualan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.