Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Aturan Standar Layanan Paket Buffet atau Prasmanan di Restoran

Dalam menjalankan pelayanan dengan sistem buffet atau prasmanan di restoran, baik Chef, Supervisor, Kasir dan Waiter harus memahami dengan baik aturan standar dalam layanan paket buffet. Ini penting agar tidak ada tamu restoran yang merasa dirugikan dan akhirnya kecewa.

Perlu kita ketahui bersama bahwa yang menjadi dasar hitungan dalam layanan paket buffet adalah porsi. Misalnya ada tamu yang memesan paket buffet untuk 70 orang, maka yang harus disiapkan oleh pihak restoran adalah menu paket buffet  sebanyak 70 porsi.


Untuk memudahkan hitungan porsi, maka pihak restoran dapat menggunakan jumlah piring sebagai patokan. Jadi jika ada pesanan paket buffet sebanyak 70 porsi, maka waiter yang menangani acara buffet harus menyediakan piring sebanyak 70 buah. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Untuk menjelaskan aturan standar layanan paket buffet, mari kita cermati tabel di bawah ini (silahkan klik gambar untuk memperbesar tampilan) :


Supaya lebih jelas, berikut saya tulis kembali uraian dalam tabel di atas dalam beberapa kalimat :

1. Jika piring masih ada tapi menu (baca : hidangan) habis, sementara masih ada tamu yang belum makan, maka pihak restoran harus menambahkan menu sebanyak jumlah piring yang tersisa.

2. Jika piring masih ada dan menu juga masih ada, sementara semua tamu telah makan, maka pihak restoran harus menawarkan apakah sisa menu yang ada mau dibungkus atau tidak.

3. Jika piring telah habis dan menu juga habis, sementara ada tamu yang belum makan, maka pihak restoran harus segera meminta konfirmasi dari pihak pemesan atau panitia acara apakah ingin menambah menu paket buffet atau menu lainnya. Dalam hal ini tamu harus membayar untuk penambahan menunya.

4. Jika piring habis dan menu masih ada, sementara semua tamu telah selesai makan, maka pihak restoran harus menawarkan apakah sisa menu yang ada mau dibungkus atau tidak

5. Jika piring habis dan menu masih ada, sementara masih ada tamu yang belum makan, maka pihak restoran harus menambahkan jumlah piring dengan sepengetahuan pihak pemesan atau  panitia acara.

Sebelum acara buffet atau prasmanan di mulai, ada baiknya Supervisor atau Waiter yang menangani acara buffet meminta kepada pihak pemesan atau panitia untuk mengecek jumlah piring yang telah ditaruh di meja buffet. Mintalah kepadanya untuk menghitung sendiri atau menyaksikan kita menghitung jumlah piring yang telah disediakan di meja buffet.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa itu Table D'hote?

Demikian artikel tentang aturan standar layanan paket buffet atau prasmanan di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top