--> Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Petty Cash di Restoran

Setiap harinya dalam operasional restoran akan ada pengeluaran kas, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Untuk pengeluran kas dalam jumlah besar biasanya dilakukan dengan menggunakan cek, sedangkan pengeluaran kas dalam jumlah kecil akan diambil dari Petty Cash.

Pengertian Petty Cash

Petty Cash atau Petty Cash Fund adalah adalah sejumlah dana yang dialokasikan oleh perusahaan guna menangani pembayaran-pembayaran dalam jumlah yang relatif kecil dan bersifat rutin. Secara harfiah, "Petty Cash Fund" berarti "Dana Kas Kecil".


Pengeluaran kas yang dapat dilakukan dengan menggunakan Petty Cash misalnya biaya-biaya, seperti biaya perlengkapan restoran, biaya makan dan minum (konsumsi), biaya transportasi, biaya ATK dan lain-lain. 

Di beberapa restoran, orang yang dipercaya untuk memegang Petty Cash juga disebut sebagai Petty Cash. Biasanya yang ditunjuk sebagai Petty Cash adalah bagian Accounting atau Sekretaris. Manajemen restoran harus berhati-hati dalam menunjuk pemegang Petty Cash untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tempat untuk menyimpan Petty Cash disebut sebagai Petty Cash Box, biasanya berupa Brankas kecil dan hanya bisa diakses oleh petugas yang ditunjuk sebagai pemegang Petty Cash dan Manager atau Supervisor.

Fungsi Petty Cash

Berikut adalah beberapa fungsi dari Petty Cash :

1. Memisahkan pengeluaran kas dari uang sales
Saat ada pengeluaran kas, maka uangnya tidak diambil dari uang sales atau uang hasil penjualan di Kasir, tapi dari Petty Cash. Dengan demikian, Kasir dapat lebih fokus untuk melakukan transaksi tanpa harus disibukkan dengan berbagai pembayaran atau pengeluaran kas serta pencatatannya.

2. Memudahkan pengawasan dalam hal pengeluaran kas
Dengan semua pengeluaran kas dilakukan melalui Petty Cash, maka hanya ada satu pintu pengeluaran kas. Dengan demikian, pengawasan dalam hal pengeluaran kas lebih mudah dilakukan.

3. Menunjang kelancaran operasional restoran
Dengan adanya Petty Cash, maka pembayaran-pemabayaran dalam jumlah kecil lebih cepat dilakukan sehingga menunjang kelancaran operasional restoran.

Semua pengeluaran kas yang diambil dari Petty Cash harus selalu disertai dengan bukti atau nota pengeluaran sebagai bukti administrasi. 

Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi Petty Cash di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar