3/21/2016

Penggunaan Robot Waiter di Restoran

Dias Akhmad  |  at  3/21/2016  |  ,  |  No comments

Sulitnya mencari tenaga kerja, membuat salah satu restoran Seafood bernama Rong Heng Seafood Restaurant di Singapura, akhirnya memilih membeli robot untuk dipekerjakan sebagai waiter. Uniknya, kehadiran robot di restoran ini justru mengundang banyak tamu untuk datang karena penasaran dan ingin mengalami langsung bagaimana dilayani oleh sebuah robot waiter yang membawa makanan dan minuman ke meja tamu.


Singapore restaurant 'hires' robot waiters. Via mypaper.sg

Pemilik restoran, Zhang Zhinong mengatakan bahwa ia memutuskan untuk membeli sebuah robot yang ia pekerjakan sebagai waiter karena sulitnya merekrut karyawan. Restoran milik Zhang membutuhkan setidaknya 15 orang waiter, namun ia hanya bisa merekrut 6 karyawan saja. Dengan kehadiran tiga buah robot waiter di restorannya kini, Zhang hanya membutuhkan 4 orang karyawan lagi untuk dipekerjakan.

Masih menurut Zhang, beberapa keuntungan bisa didapatkannya dengan mempekerjakan robot, misalnya saja seberat apapun pekerjaan yang ia tugaskan kepada robot, robot tidak akan pernah menolak atau marah. Selain itu robot juga tidak akan meminta kenaikan gaji atau meminta bonus dan uang lembur. Mereka (para robot waiter) juga tidak akan meminta cuti dan bisa bekerja 24 jam.

Namun demikian, tentu saja robot juga membutuhkan perawatan. Zhang melakukan perawatan untuk robot waiter nya seminggu sekali. Biaya perawatan ini ditaksir masih jauh lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa seorang waiter selama 1 tahun, yaitu sekitar $ 30.000. Sementara sebuah robot hanya membutuhkan biaya perawatan hingga $ 14.000 per tahun. 

Rencananya Zhang akan menambah jumlah robot di restorannya. Ia akan mempekerjakan robot-robot yang nantinya memiliki tugas masing-masing seperti taking order, membawa pesanan, dan memberi salam kepada tamu restoran. Hmm.., jika sudah begini, restoran tersebut sepertinya akan menjadi restoran robot.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Taking Order yang Baikdan Benar

Beberapa hal penting yang tidak bisa dilakukan oleh robot waiter adalah menjalin hubungan baik atau relationship dengan tamu atau pelanggan restoran. Mereka juga tidak bisa tersenyum dengan ramah dan berinteraksi secara baik dengan pelanggan. Oh iya satu lagi, mereka juga tidak bisa melakukan Upsell.

Demikian artikel tentang penggunaan robot waiter di restoran. Semoga bermanfaat.

Penggunaan Robot Waiter di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.