Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Employee of the Month, Apresiasi untuk Prestasi Kerja Karyawan Restoran

Dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelayanan, menu dan kebersihan di restoran, tidak semata bisa dilakukan dengan berbagai acara pelatihan dan meeting atau briefing secara rutin, namun juga dengan pemberian penghargaan kepada karyawan yang memiliki prestasi kerja yang baik sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi nyata dari management kepada karyawan restoran. Hal ini akan menjadi motivasi bagi semua karyawan untuk bisa berprestasi. Employee of the month, adalah salah satu contohnya.


Foto di atas saya ambil saat saya berkunjung ke sebuah restoran cepat saji yang sudah sangat familiar di Indonesia ; McDonald's. Di salah satu tiang penyangga bangunan yang berada di tengah ruangan, sebuah papan berwarna merah bertuliskan "Employee of the month 2015" menyita perhatian saya. Terdapat sederet foto karyawan McDonald's yang pernah tercatat sebagai karyawan terbaik dengan senyum mengembang yang menghiasi wajah mereka. Hal ini sungguh suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi karyawan yang menerima predikat Employee of the month. Kehormatan dan kebanggaan yang akan terus memotivasi mereka untuk bisa menunjukkan yang terbaik bagi pelanggan dan restoran tempat mereka bekerja.

Hal yang sering kita lupakan, adalah bahwa setiap orang membutuhkan pujian dan penghargaan, termasuk karyawan restoran. Hal ini pula yang ingin disampaikan management restoran kepada para pegawai atau karyawannya yang telah menunjukan kinerja luar biasa melalui program employee of the month.

Program employee of the month adalah sebuah program penghargaan (reward) yang diberikan management restoran kepada karyawannya setiap bulan. Dalam program ini, akan dipilih satu orang terbaik setiap bulannya yang memiliki kinerja dan atau prestasi terbaik. Hal yang dinilai misalnya meliputi tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaannya, kedisiplinan karyawan dalam absensi dan standar penampilan, kemampuan bekerja sama dalam tim, komunikasi yang baik dengan pimpinan, rekan kerja dan pelanggan, serta inisiatif yang dimiliki karyawan dalam mencari solusi terbaik dari sebuah permasalahan di restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Standar Penampilan Waiter dan Waitress

Biasanya, bagi karyawan yang terpilih sebagai employee of the month akan diberikan penghargaan atau reward berupa piagam penghargaan dan uang tunai, serta tentu saja foto mereka akan dipajang di sebuah papan atau pigura indah dan ditaruh di area yang mudah terlihat oleh tamu restoran. Tentu ada kebanggaan tersendiri bagi karyawan yang menerima penghargaan ini. Dengan demikian, ia akan menjadi semakin bersemangat untuk terus bekerja dengan baik. Sementara bagi karyawan lain, juga akan menjadi motivasi untuk ikut berlomba menjadi yang terbaik. Jika hal ini terjadi, maka kualitas pelayanan, menu dan kebersihan restoran dipastikan akan terus meningkat karena gairah kerja ada di semua hati para pegawainya.

Anda juga bisa membaca artikel : Internal Quality Service (IQS) di Restoran

Demikian artikel employee of the month, apresiasi untuk prestasi kerja karyawan restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top