6/05/2015

Tahap Demi Tahap Membuka Cabang Restoran Yang Baru

Dias Akhmad  |  at  6/05/2015  |   |  No comments

Saat kita memutuskan untuk mengembangkan sayap bisnis dengan membuka cabang restoran yang baru di tempat lain, maka ada beberapa tahapan penting yang harus kita lakukan untuk melancarkan rencana kita membuka cabang baru. Apa saja hal tersebut? mari membaca lebih lanjut.

Berikut adalah tahap demi tahap yang harus kita lakukan untuk membuka cabang restoran yang baru :

1. Pengurusan Izin 
Pengurusan segala janis perizinan harus dilakukan jauh hari dengan pihak atau badan terkait. Misalnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan atau HO, Izin Reklame dan lain-lain. Dengan adanya izin resmi dari pihak atau badan terkait, maka kita mendapatkan kekuatan dan perlindungan hukum dalam menjalankan usaha kita.

2. Karyawan
Kita harus memperhitungkan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk cabang baru yang akan kita buka. Caranya adalah dengan melihat luas dan kondisi lokasi yang akan menjadi tempat usaha kita tersebut. Hitung berapa jumlah meja dan kursi yang bisa masuk kemudian kita hitung berapa kapasitas seat atau tempat duduk yang ada. Dengan kita mengetahui jumlah kapasitas seat, kita sudah bisa memperkirakan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan.

3. Peralatan
Equipment atau peralatan dan perlengkapan restoran sudah harus kita data sebelumnya. Sehingga nantinya kita bisa langsung membeli berbagai jenis peralatan yang dibutuhkan dengan melihat data kebutuhan peralatan yang ada. Peralatan yang ada meliputi peralatan memasak, peralatan kebersihan, peralatan service, peralatan cashier, peralatan administrasi, perlatan barista dan lain-lain yang diperlukan.

4. Dekorasi ruang
Kita bisa menggunakan jasa tenaga professional yang mengerti tentang dekorasi ruang untuk restoran yang baik. Dekorasi restoran tidak hanya indah dipandang tapi juga harus memperhatikan kenyamanan tamu. Dekorasi restoran juga akan membentuk ciri khas suatu restoran.



5. Membersihkan area
Setelah dekorasi ruang selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah bersih-bersih area sebelum nantinya semua peralatan atau equipment dimasukkan. 

6. Simulasi pelayanan
Karena adanya banyak tenaga kerja atau karyawan baru, maka perlu dilakukan simulasi pelayanan agar nantinya pada saat grand opening restoran, semua karyawan restoran sudah mengerti atau tau bagaimana gambaran pelayanan dan prosedur kerja yang harus dilakukan.

Sampai pada tahap ini, cabang restoran yang baru sudah siap dibuka. Demikian artikel tahap demi tahap membuka cabang restoran yang baru. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Sheraton Hotels and Resorts

Tahap Demi Tahap Membuka Cabang Restoran Yang Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.