--> Skip to main content

6 Sopan Santun Waiter

Dalam melaksanakan tugasnya, waiter harus tetap mengedepankan etika atau sopan santun terhadap tamu atau pelanggan restoran saat bekerja. Hal ini tentu saja berkaitan dengan bagaimana waiter bisa memberikan pelayanan terbaik untuk memuaskan tamu atau pelanggan restoran. 

Apa saja sopan santun yang harus diperhatikan waiter?

Berikut adalah 6 sopan santun waiter dalam pelayanan :

1. Selalu tersenyum dan memberi salam
Senyum dan salam adalah 2 hal yang harus selalu diberikan oleh waiter kepada tamu restoran. Senyum menunjukkan bahwa kita senang dengan kedatangan tamu dan juga senang melayaninya. Salam memberikan suasana keakraban yang hangat kepada tamu.



2. Membantu tamu untuk duduk
Bantulah tamu yang akan duduk dengan cara menarik atau menggeser kursi secara perlahan agar tamu bisa leluasa untuk duduk. Ingat, lakukan secara perlahan.

3. Mendahulukan tamu wanita, orang tua, dan anak-anak
Dahulukan pelayanan untuk tamu wanita, orang tua, dan anak-anak. 

4. Menyajikan makanan dan minuman dari arah sebelah kanan tamu
Hal ini termasuk sopan santun waiter dalam menyajikan pesanan. Lakukan penyajian pesanan berupa makanan dan minuman dari sebelah kanan tamu dan searah jarum jam

5. Katakan "ada yang bisa saya bantu?"
Jika ada tamu restoran yang memanggil, maka hampirilah dengan cepat dan katakan "ada yang bisa saya bantu?"

6. Ucapkan terima kasih
Selalu ucapkan terima kasih kepada tamu. Baik kepada tamu yang telah selesai makan dan hendak pulang, juga kepada tamu yang memberikan masukan atau kritikan atau bahkan tamu yang complaint

Itulah 6 sopan santun waiter yang harus selalu diingat dan dilaksanakan oleh waiter. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Glyn Morgan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar