6/22/2015

Dampak Negatif Efisiensi Jumlah Karyawan yang Berlebihan

Dias Akhmad  |  at  6/22/2015  |   |  No comments

Dalam rangka menekan biaya produksi restoran, pihak management restoran terkadang harus memutuskan untuk melakukan pengurangan jumlah karyawan sebagai bentuk efisiensi pengeluaran pembayaran gaji karyawan. Namun perlu diingat, bahwa efisiensi jumlah karyawan harus tetap memperhatikan kebutuhan operasional. Efisiensi jumlah karyawan  yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif yang bisa jadi lebih parah kondisinya daripada sebelum pihak management restoran memutuskan melakukan efisiensi karyawan.


Berikut adalah beberapa dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan :

1. Terganggunya operasional restoran
Sudah bisa dipastikan akan terjadi kendala dalam operasional restoran jika jumlah karyawan dipangkas atau dikurangi terlalu banyak. Operasional yang terkendala berpotensi menimbulkan complaint atau keluhan dari tamu.

2. Karyawan kelelahan 
Dengan banyaknya pengurangan atau efisiensi karyawan, maka ada beberapa karyawan terutama yang menempati posisi strategis yang akan bekerja 2 kali lipat. Jika karyawan tersebut adalah tipe pekerja yang bertanggung jawab, maka ia akan tetap menjalankan tugasnya dengan baik namun dalam kondisi kelelahan. Jika hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa jadi sang karyawan akan benar-benar kelelahan dan jatuh sakit.

3. Karyawan berpikir mencari pekerjaan lain
Dengan jumlah karyawan yang terlalu sedikit, maka beban tugas pekerjaan akan bertambah. Bagi sebagian karyawan mungkin akan tetap tinggal atau bertahan, namun bagi sebagian yang lain mungkin akan mengambil ancang-ancang untuk segera mencari pekerjaan lain yang lebih berimbang antara pekerjaan dan salary yang diterimanya.

4. Kekosongan tenaga ahli
Jika kemudian sebagian karyawan berpindah kerja ke tempat lain dan sebagian diantaranya adalah karyawan senior yang diandalkan, maka restoran akan mengalami kekosongan tenaga ahli yang akan memperburuk keadaan. Standar kualitas produk dan layanan menjadi taruhannya.

5. Jauh dari excellent service
Kurangnya jumlah karyawan akan membuat alur pelayanan berjalan dengan lambat dan bahkan bisa jadi tersendat. Kepuasan pelanggan atau tamu restoran mungkin hanya akan menjadi mimpi belaka dan jauh dari excellent service.

Anda juga bisa membaca artikel : Perbandingan Tepat Antara Jumlah Crew dan Pelanggan Restoran

Itulah beberapa dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan. Semoga bisa menjadi pertimbangan pembaca Restofocus.com saat akan melakukan pengurangan jumlah karyawan. Idealnya, jumlah karyawan haruslah memperhatikan kebutuhan operasional restoran.

Demikian artikel tentang dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

Dampak Negatif Efisiensi Jumlah Karyawan yang Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.