--> Skip to main content

Dampak Negatif Efisiensi Jumlah Karyawan yang Berlebihan

Dalam rangka menekan biaya produksi restoran, pihak management restoran terkadang harus memutuskan untuk melakukan pengurangan jumlah karyawan sebagai bentuk efisiensi pengeluaran pembayaran gaji karyawan. Namun perlu diingat, bahwa efisiensi jumlah karyawan harus tetap memperhatikan kebutuhan operasional. Efisiensi jumlah karyawan  yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif yang bisa jadi lebih parah kondisinya daripada sebelum pihak management restoran memutuskan melakukan efisiensi karyawan.


Berikut adalah beberapa dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan :

1. Terganggunya operasional restoran
Sudah bisa dipastikan akan terjadi kendala dalam operasional restoran jika jumlah karyawan dipangkas atau dikurangi terlalu banyak. Operasional yang terkendala berpotensi menimbulkan complaint atau keluhan dari tamu.

2. Karyawan kelelahan 
Dengan banyaknya pengurangan atau efisiensi karyawan, maka ada beberapa karyawan terutama yang menempati posisi strategis yang akan bekerja 2 kali lipat. Jika karyawan tersebut adalah tipe pekerja yang bertanggung jawab, maka ia akan tetap menjalankan tugasnya dengan baik namun dalam kondisi kelelahan. Jika hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa jadi sang karyawan akan benar-benar kelelahan dan jatuh sakit.

3. Karyawan berpikir mencari pekerjaan lain
Dengan jumlah karyawan yang terlalu sedikit, maka beban tugas pekerjaan akan bertambah. Bagi sebagian karyawan mungkin akan tetap tinggal atau bertahan, namun bagi sebagian yang lain mungkin akan mengambil ancang-ancang untuk segera mencari pekerjaan lain yang lebih berimbang antara pekerjaan dan salary yang diterimanya.

4. Kekosongan tenaga ahli
Jika kemudian sebagian karyawan berpindah kerja ke tempat lain dan sebagian diantaranya adalah karyawan senior yang diandalkan, maka restoran akan mengalami kekosongan tenaga ahli yang akan memperburuk keadaan. Standar kualitas produk dan layanan menjadi taruhannya.

5. Jauh dari excellent service
Kurangnya jumlah karyawan akan membuat alur pelayanan berjalan dengan lambat dan bahkan bisa jadi tersendat. Kepuasan pelanggan atau tamu restoran mungkin hanya akan menjadi mimpi belaka dan jauh dari excellent service.

Itulah beberapa dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan. Semoga bisa menjadi pertimbangan pembaca Restofocus.com saat akan melakukan pengurangan jumlah karyawan. Idealnya, jumlah karyawan harus lah memperhatikan kebutuhan operasional restoran.

Demikian artikel tentang dampak negatif efisiensi jumlah karyawan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar