Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tukang Parkir Nakal Membuat Restoran Sepi Pengunjung

Halaman parkir yang luas merupakan salah satu nilai plus untuk sebuah restoran. Pengunjung atau tamu restoran akan merasa nyaman dalam memarkir kendaraannya, apalagi jika ada petugas satpam yang berjaga, serta petugas parkir yang mengarahkan lalu lintas parkir. Namun pernahkah anda tau bahwa seringkali ada oknum parkir yang menerapkan tarif parkir tidak wajar yang kemudian berakibat menurunnya jumlah pengunjung?. Biasanya oknum tukang parkir nakal ini menentapkan tarif parkir yang mahal tanpa sepengetahuan pemilik restoran.

Para tukang parkir di restoran biasanya bekerja secara freelance, untuk itu mereka tentu saja harus melakukan pekerjaan parkir dengan sop (standart operating procedure) yang kita tetapkan termasuk mengenai  masalah besaran tarif parkir.

Tarif pakrir yang mahal akan memberatkan customer dan membuat customer atau pelanggan restoran menjadi malas untuk datang kembali hingga membuat restoran menjadi sepi pengunjung. Jika misalnya restoran kita adalah restoran yang memasang harga ekonomis untuk menu yang kita tawarkan, sebagai contoh kita menjual nasi + ayam goreng dengan harga Rp. 17.500,-. Menu dengan harga tersebut tentu saja akan sangat diminati konsumen apalagi jika rasanya enak dan kebersihan restoran terjaga dengan baik. Namun bagaimana jika tarif parkir yang diminta tukang parkir dari pengunjung restoran adalah Rp. 4000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk pengendara mobil? bukankah itu jadinya sama saja dengan harga menu nasi + ayam goreng sebesar Rp. 21.500,- untuk pengendara sepeda motor dan  Rp. 27.500,- untuk pengendara mobil?, jika hal ini terjadi, konsumen akan berpikir, alih-alih datang ke restoran kita yang mahal pakrirnya, lebih baik makan di restoran atau rumah makan lain.

Jadi hal terbaik dalam melakukan kerja sama freelance dengan tukang parkir adalah dengan membuat perjanjian baik lisan maupun tertulis dengan calon tukang atau juru parkir mengenai segala hal tentang parkir restoran termasuk mengenai tarif parkir dan kesediaan ikut serta dalam menjaga kebersihan area restoran. Dan bisa juga kita tempatkan info tarif parkir di area pakir restoran kita agar konsumen tau berapa tarif parkir yang sebenarnya.


Selain itu kita juga bisa meminta keterangan banyak pihak misalnya saja satpam atau siapapun jika ditemukan adanya indikasi penerapan tarif parkir yang mahal oleh oknum tukang parkir yang tidak bertanggung jawab. 

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Memilih Lokasi Usaha Restoran

Selayaknya antara petugas atau tukang parkir dan pihak restoran terjalin kerja sama yang saling menguntungkan yaitu bahwa tukang parkir memperoleh penghasilan dari pekerjaannya menjadi tukang parkir restoran, dan restoran juga diuntungkan dengan kahadiran tukang parkir yang memudahkan pelanggan restoran dalam memarkir kendaraannya dan mentertibkan kondisi parkir. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top