--> Skip to main content

Cara Menjadi Runner yang Baik di Restoran

Seorang Runner, baik food maupun beverage runner haruslah memenuhi beberapa kriteria dasar untuk bisa ditugaskan sebagai seorang runner yang baik. Dalam tugasnya sehari-hari , runner di restoran membantu waiter dan waitress dalam mengantar dan menyajikan makanan dan minuman yang dipesan tamu ke mejanya. Bagaimana cara menjadi runner di restoran yang baik?

Untuk menjadi seorang runner yang baik di restoran, maka seseorang harus memiliki beberapa kriteria dasar sebagai berikut :

1. Memiliki fisik yang prima
Seorang runner, terkadang harus membawa makanan dan minuman dalam jumlah banyak dan berat dengan cepat. Untuk itu runner haruslah memiliki fisik yang prima dan tidak cepat lelah. Tentu saja kedisiplinan mejaga kebugaran dan kondisi tubuh harus sangat diperhatikan.

2. Menguasai teknik membawa tray dengan baik
Membawa makanan dan minuman di atas tray atau nampan service dengan satu tangan bukanlah hal mudah. Apalagi jika membawa dalam jumlah banyak. Untuk itu perlu latihan secara konsisten untuk dapat menguasai teknik membawa tray dengan baik.

3. Memahami product knowledge
Sehubungan dengan pekerjaannya mengantarkan makanan dan minuman ke meja tamu, maka seorang runner akan sering mendapat pertanyaan dari tamu mengenai suatu jenis menu. Jika runner tersebut menjawab asal saja atau mengatakan tidak tau, maka pelayanan restoran akan sangat buruk dalam penilaian customer. Jadi, seorang runner harus dengan baik memahami product knowledge, paling tidak tau dengan tepat nama masakan dan bahannya.

4. Memahami equipment
Seorang runner juga harus mengetahui jenis alat atau perlengkapan apa saja yang harus disertakan untuk suatu jenis menu yang akan dibawa bersama menu. Misalnya jika menunya adalah gurame bakar, maka alat atau cutleries yang digunakan seharusnya adalah dinner fork dan dinner knife.


5. Memahami service courtasy
Service courtasy atau sopan santun service juga harus dipahami oleh seorang runner. Misalnya pada saat menyajikan makanan dan minuman, ia harus tau dari arah mana ia memulainya. Ia juga bisa bersikap sopan selama proses mengantar menu sehingga tamu merasa nyaman.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan dan dilatih untuk bisa menjadi seorang runner yang baik di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar