Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Mess Untuk Karyawan Restoran dan Masalah yang Mungkin Timbul

Dengan banyaknya karyawan restoran yang berasal dari luar kota atau tempat yang jauh, management restoran kemudian memberikan fasilitas tempat tinggal berupa mess karyawan. Adanya mess karyawan tentu sangat membantu karyawan. Karena dengan adanya mess, karyawan tidak perlu mencari tempat kost dengan biaya yang cukup mahal. Namun seiring penggunaan mess, ada banyak kemungkinan masalah yeng kemudian timbul. Apa saja masalah yang timbul dengan adanya mess karyawan di restoran?

Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin timbul dengan adanya faslitas mess untuk karyawan restoran :
1. Karyawan pacaran
Pacaran atau mejalin hubungan special merupakan hak semua orang. Namun jika kemudian ada karyawan yang tinggal di mess dan berpacaran, maka sangat mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan karyawan lain dan hal tidak diinginkan lainnya. Meskipun mess putri dan mess putra dipisahkan, namun jika letaknya berdekatan dan masih dalam area restoran, maka sangat mungkin bisa digunakan untuk berpacaran.

2. Pemakaian equipment restoran tanpa izin
Banyak peralatan restoran yang kemudian secara tidak disiplin digunakan oleh karyawan yang tinggal di mess, misalnya saja piring-piring yang sudah di cuci di restoran digunakan oleh karyawan yang tinggal di mess dan tidak dicuci lagi bahkan dibiarkan berserakan di sekitar mess. Atau ada juga yang menggunakan ember untuk kamar mandi tamu restoran, dipakai untuk merendam baju cucian karyawan.


3. Keluar masuk area restoran bukan pada jam kerja
Karena tinggal di mess yang dekat dengan area restoran, karyawan yang tidak sedang bekerja bisa semaunya keluar masuk area restoran dengan memakai pakaian bebas seperti di area kitchen dan di area tamu. Tentu ini sangat mengganggu operasional restoran dan memberikan kesan yang kurang baik di mata tamu atau pelanggan restoran.

Itulah beberapa masalah yang mungkin timbul dari adanya fasilitas mess karyawan di restoran. Tentu pihak management harus mempertimbangkan segala sesuatunya dalam memberikan fasilitas mess karyawan dan sekaligus menerapkan sistem yang baik agar masalah-masalah seperti yang saya tuliskan di atas tidak terjadi. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top