Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Definisi Garnish dan Fungsi Garnish Pada Penyajian Menu

Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam hal product atau menu, maka kita tidak hanya akan berbicara mengenai rasa menu yang enak tapi juga menu yang disajikan dengan cantik dan baik hingga mengundang selera makan orang yang melihatnya. Jadi, tentu kita akan memperhatikan masalah penyajian menu, apakah menu tersebut sudah sesuai dengan standart masakan (baca = enak), dan apakah menu tersebut juga sudah memenuhi standart penyajian yang  baik. Bicara tentang penyajian menu yang baik tentu tidak akan terlepas dari masalah garnish. Jadi garnish dalam hal penyajian menu memiliki fungsi yang penting.

Apa definisi atau pengertian garnish atau garnis?

Garnish merupakan penghias menu dalam bentuk yang unik dan cantik yang diberikan pada makanan atau minuman yang terbuat dari bahan yang bisa dimakan dengan tujuan memberikan daya tarik seseorang  untuk menikmati menu tersebut atau sebagai tanda khusus.


Apa saja fungsi garnish atau garnis dalam penyajian menu?

Berikut adalah beberapa fungsi  garnish pada penyajian menu baik makanan maupun minuman :
1. Membuat tampilan menu lebih menarik saat disajikan
2. Menggugah selera untuk menikmati menu
3. Memberikan aroma khas yang menunjang rasa menu
4. Mengukirkan sebuah kata atau nama dengan tujuan memberikan sesuatu yang special dengan menu yang disajikan
5. Mengekpresikan nilai seni atau art sang Koki atau sang Barista pada menu yang dibuatnya

Bahan apa saja yang bisa dijadikan sebagai garnish?

Bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuat garnish adalah semua bahan yang bisa dimakan, tidak membahayakan kesehatan, segar, dan memiliki warna yang cerah.

Garnish sebenarnya telah dikenal oleh nenek moyang kita sejak puluhan tahun yang lalu. Buktinya adalah kita bisa melihat adanya garnish pada nasi kuning atau nasi tumpeng  di jawa dan lain sebagainya. Kemudian seiring dengan berkembangnya kemampuan koki dalam mengkreasikan bentuk garnish, maka jadilah garnish semakin banyak bentuk dan bahannya. Ada yang dari buah-buahan, pasta, coklat, dan lain sebagainya.

Mungkin sampai disini dulu artikel tentang definisi garnish dan fungsi garnish pada penyajian menu. Bagi pembaca yang mungkin memiliki informasi tambahan yang bermanfaat mengenai garnish, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top