--> Skip to main content

Kriteria Sepatu Yang Tepat Untuk Chef dan Koki

Dalam bekerja sehari-hari di area kicthen, seorang chef dan koki memerlukan alat perlengkapan kerja yang baik dan aman. Perlengkapan kerja dalam hal ini juga termasuk sepatu yang dikenakan. Mengingat di area kitchen sangat licin lantainya karena banyak terkena lemak, minyak, dan air, maka dibutuhkan sepatu yang nyaman dipakai dan aman bagi Chef dan Koki saat mereka bekerja. Disini kita akan membahas kriteria sepatu yang tepat atau cocok digunakan untuk Chef dan Koki di restoran.

Menurut hemat saya beberapa kriteria sepatu yang cocok digunakan oleh Chef dan Koki adalah sebagai  berikut :

1. Bisa menapak dengan kuat di lantai
Hal ini sangat penting mengingat area kitchen adalah area yang seringkali licin karena adanya minyak, lemak, dan air. Jadi jenis sepatu yang digunakan oleh chef dan koki haruslah sepatu yang bisa menapak dengan kuat di lantai. Bahan sole (bagian bawah sepatu) direkomendasikan yang terbuat dari karet.

2. Ringan
Sepatu yang digunakan haruslah jenis sepatu yang ringan, karena jika sepatu tersebut berat, maka tidak akan nyaman dipakai saat bekerja dan membuat cepat lelah.

3. Menutupi betis dengan sempurna
Hal ini dimaksudkan untuk melindungi bagian kaki dan betis chef dan koki agar tidak terkena tumpahan minyak atau air panas yang mungkin terjadi.

Jika kita mengacu pada kriteria di atas, maka jenis sepatu yang paling tepat dan cocok digunakan oleh chef dan koki adalah sepatu boot yang terbuat dari bahan karet yang ringan namun bisa menapak dengan kuat di atas lantai yang licin. Sekarang ini banyak sekali merk sepatu boot yang dijual di pasaran. Silahkan anda pilih satu yang menurut anda memliki tiga kriteria yang saya sebutkan di atas.


Sedikit tambahan, untuk memberikan safety yang lebih baik, sebaiknya lantai kitchen juga dialasi dengan menggunakan mat floor yang terbuat dari karet. Mat floor sangat baik digunakan di area yang licin seperti area kitchen.

Demikian artikel mengenai kriteria sepatu yang tepat untuk chef dan koki di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar