3/01/2015

Tugas Sopir Barang Di Restoran

Yani Melita  |  at  3/01/2015  |   |  No comments

Restoran yang telah memiliki beberapa cabang membutuhkan tenaga sopir barang dan armada transportasi yang baik untuk men-transfer kebutuhan barang produksi dari gudang pusat ke semua cabang restoran. Hal ini harus sudah sistematis, sehingga perlu dibuat suatu prosedur kerja yang menjelaskan tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sopir barang di  restoran. Menjadi sopir barang di restoran, sangat lah berbeda dengan menjadi sopir pribadi. Aktivitas fisik yang dilakukan oleh sopir barang restoran terbilang cukup banyak dan melelahkan. Sehingga diperlukan fisik yang kuat dan prima karena akan sangat sering berkutat dengan barang-barang produksi seperti beras, minyak goreng, tepung, gula pasir dan lain nya yang terkadang harus diangkat sendiri oleh sang sopir.

Apa saja tugas sopir barang di restoran?
Berikut adalah tugas sopir barang di restoran :

1. Mentransfer barang atau bahan produksi
Ini adalah hal utama yang dilakukan seorang sopir barang di restoran. Sopir barang dituntut untuk bisa tepat waktu dalam pengiriman barang atau bahan produksi agar tidak sampai terjadi keterlambatan produksi atau kekosongan bahan baku produksi. Jika sampai terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman ke cabang, maka bisa terjadi kerugian karena terlambatnya proses produksi yang menyebabkan restoran cabang bersangkutan tidak bisa menjual menu atau melayani para tamu atau pelanggannya. Selain rugi karena tidak bisa menjual menu pada jam yang sudah ditentukan, restoran juga bisa mendapat complaint atau keluhan dari tamu atau pelanggan restoran.


Anda juga bisa membaca artikel : Cara Agar Bahan Baku Produksi Tidak Banyak yang Rusak atau Waste

2. Merawat mobil barang
Sopir barang juga harus selalu menjaga dan merawat mobil barang. Pencucian mobil barang harus dilakukan setiap hari. Bisa dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat untuk men-transfer barang, atau pada sore hari pada saat akan pulang. Ini dikarenakan biasanya sopir barang di berikan jadwal pagi dan jarang diberikan jadwal kerja untuk masuk sore hari. Jika ada kerusakan pada peralatan atau spare part mobil, maka sopir barang harus segera melaporkannya kepada supervisor restoran untuk kemudian segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki segera.

3. Mengantar menu pesanan (Delivery)
Jika sopir barang telah selesai mentransfer barang atau bahan produksi dan tengah ada waktu senggang, maka sopir barang juga bisa membantu operasional restoran dengan cara membantu pengiriman menu pesanan atau delivery

4. Mengerjakan laporan aktivitas sopir barang
Setiap akan berangkat, sopir harus menuliskan beberapa hal di laporan  aktifitas sopir barang. Diantaranya, sopir harus mencantumkan angka kilometer awal pada mobil, waktu keberangkatan, dan tujuan keberangkatan. Sebagai contoh :
Km awal = 10.292   Waktu keberangkatan = Jam 08.30 WIB Tujuan Keberangkatan = Cabang Restoran A.

Jika kemudian sopir barang telah selesai atau telah kembali, maka sopir juga akan mencatat kilometer akhir, waktu sampai, dan tanda tangan penyerahan kunci mobil ke kasir atau supervisor restoran. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ke-disiplin-an sopir dan kapan mobil harus di-service serta tindakan lainnya yang berhubungan dengan operasional sopir dan armada nya.

Itulah beberapa tugas sopir barang di restoran. Di beberapa restoran bisa saja ada sedikit perbedaan bergantung dari kondisi dan kebutuhan operasional restoran bersangkutan. Namun setidaknya artikel ini bisa membantu anda dalam memberikan gambaran mengenai tugas sopir barang di restoran.

Demikian artikel mengenai tugas sopir barang di restoran. Semoga bermanfaat.

Tugas Sopir Barang Di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.