--> Skip to main content

Tugas Sopir Barang Di Restoran

Restoran yang telah memiliki beberapa cabang membutuhkan tenaga sopir barang dan armada transportasi yang baik untuk men-transfer kebutuhan barang produksi dari gudang pusat ke semua cabang restoran.

Hal ini harus sudah sistematis, sehingga perlu dibuat suatu prosedur kerja yang menjelaskan tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sopir barang di  restoran.

Menjadi sopir barang di restoran, sangat lah berbeda dengan menjadi sopir pribadi. Aktivitas fisik yang dilakukan oleh sopir barang restoran terbilang cukup banyak dan melelahkan. Sehingga diperlukan fisik yang kuat dan prima karena akan sangat sering berkutat dengan barang-barang produksi seperti beras, minyak goreng, tepung, gula pasir dan lainnya yang terkadang harus diangkat sendiri oleh sang sopir.

Apa saja tugas sopir barang di restoran?

Berikut adalah tugas sopir barang di restoran :

1. Mentransfer barang atau bahan produksi
Ini adalah hal utama yang dilakukan seorang sopir barang di restoran. Sopir barang dituntut untuk bisa tepat waktu dalam pengiriman barang atau bahan produksi agar tidak sampai terjadi keterlambatan produksi atau kekosongan bahan baku produksi. Jika sampai terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman ke cabang, maka bisa terjadi kerugian karena terlambatnya proses produksi yang menyebabkan restoran cabang bersangkutan tidak bisa menjual menu atau melayani para tamu atau pelanggannya.

Selain rugi karena tidak bisa menjual menu pada jam yang sudah ditentukan, restoran juga bisa mendapat complaint atau keluhan dari tamu atau pelanggan restoran jika proses produksi benar-benar terlambat.



2. Merawat mobil barang
Sopir barang juga harus selalu menjaga dan merawat mobil barang. Pencucian mobil barang harus dilakukan setiap hari. Bisa dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat untuk men-transfer barang, atau pada sore hari pada saat akan pulang. Ini dikarenakan biasanya sopir barang diberikan jadwal pagi dan jarang diberikan jadwal kerja untuk masuk sore hari.

Jika ada kerusakan pada peralatan atau spare part mobil, maka sopir barang harus segera melaporkannya kepada supervisor restoran untuk kemudian segera dibawa ke bengkel untuk segera diperbaiki.

3. Mengantar menu pesanan (Delivery)
Jika sopir barang telah selesai men-transfer barang atau bahan produksi dan tengah ada waktu senggang, maka sopir barang juga bisa membantu operasional restoran dengan cara membantu pengiriman menu pesanan atau delivery

4. Mengerjakan laporan aktivitas sopir barang
Setiap akan berangkat, sopir harus menuliskan beberapa hal pada buku Laporan Aktifitas Sopir Barang. Diantaranya, sopir harus mencantumkan angka kilometer awal pada mobil, waktu keberangkatan, dan tujuan keberangkatan.

Contoh :

Km awal = 10.292  
Waktu keberangkatan = Jam 08.30 WIB
Tujuan Keberangkatan = Cabang Restoran A

Jika kemudian sopir barang telah selesai atau telah kembali, maka sopir juga akan mencatat kilometer akhir, waktu sampai, dan tanda tangan penyerahan kunci mobil ke Kasir atau Supervisor restoran.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga disiplin sopir dan mengetahui kapan mobil harus diservice serta tindakan lainnya yang berhubungan dengan operasional sopir dan armadanya.

Itulah beberapa tugas sopir barang di restoran. Pada beberapa restoran bisa saja ada sedikit perbedaan bergantung dari kondisi dan kebutuhan operasional restoran bersangkutan. Namun setidaknya artikel ini bisa membantu  dalam memberikan gambaran mengenai tugas sopir barang di restoran.

Demikian artikel mengenai tugas sopir barang di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar