2/11/2015

Cara Mendapatkan Data Base Pelanggan atau Tamu Restoran

Yani Melita  |  at  2/11/2015  |   |  No comments

Data base pelanggan atau tamu restoran sangat penting untuk kebutuhan analisa dan promo marketing. Misalnya saja dengan data base pelanggan yang sudah ada kita bisa mengetahui dari daerah mana saja tamu restoran kita berasal, kapan tamu tersebut akan berulang tahun, apa menu favorit nya dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut sangat penting untuk analisa dan promo marketing.

Lalu bagaimana caranya kita bisa mendapatkan data base tamu atau pelanggan restoran?
Ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan data base tamu restoran.
Berikut adalah beberapa cara mendapatkan data base pelanggan atau tamu restoran dengan mudah :

1. Form atau lembar saran
Buatlah form atau lembar saran untuk tamu restoran yang berisi daftar isian nama tamu, alamat, nomor telfon/handphone, makanan favorit, saran, dan kritik. Mintalah waiter atau kasir untuk menyerahkan lembar saran kepada tamu yang telah selesai makan dan meminta nya untuk menuliskan saran dan kritik untuk restoran anda. Selain anda bisa mendapatkan masukan yang bagus dari tamu, anda juga bisa mendapatkan data base tamu dengan cara ini. Lakukan lah secara konsisten. Hal penting yang harus diingat adalah jangan sampai aktivitas ini mengganggu kenyamanan tamu. 

2. Form atau lembar isian program surprising untuk tamu
Anda bisa membuat sebuah program surprising  atau program kejutan untuk tamu misalanya saja anda akan memberikan jus special gratis bagi tamu yang tengah berulang tahun di bulan ini. Hal ini bisa dilakukan oleh waiter saat selesai taking order dengan menanyakan apakah ada dari tamu yang berulang tahun di bulan ini? jika ada, minta lah tamu tersebut untuk mengisi form atau lembar isian ulang tahun yang anda buat sebelumnya. Anda bisa menambahkan isian tanggal ulang tahun pada form ini. Jadi anda bisa mengetahui kapan tamu atau pelanggan restoran anda berulang tahun. Mudah bukan? 
Untuk lebih memberikan kepuasan dan service experiences (pengalaman yang mengesankan tamu selama berkunjung di restaurant anda) bagi tamu, anda bisa membuat perayaan kecil bagi tamu yang berulang tahun tepat pada hari ini atau dengan kreativitas marketing anda lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel : Jenis Surprising atau Hiburan untuk Pelanggan Restoran

3. Buku tamu atau buku kunjungan
Sediakanlah sebuah buku tamu atau buku kunjungan di atas sebuah meja tersendiri yang dibuat rapi dan menarik untuk tamu bisa menuliskan nama, alamat, dan kesan pesan nya. Prinsip kerja nya hampir sama dengan form saran, hanya saja buku tamu lebih bersifat pasif, dan biasanya data yang bisa kita dapatkan dari buku tamu ini kurang akurat karena banyak tamu yang menuliskannya dengan singkat atau bahkan main-main. Namun tetap perlu disediakan sebagai pengaya data base tamu atau pelanggan restoran.

Demikian cara mendapatkan data base pelanggan atau tamu restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Mendapatkan Data Base Pelanggan atau Tamu Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.