Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Guest Relations Officer di Restoran


Tidak hanya di Hotel, Guest Relations Officer atau lebih sering disingkat dengan GRO adalah staff khusus yang bertugas untuk membangun hubungan baik antara restoran dengan tamu dan pelanggan. GRO juga mengemban tugas marketing dalam membangun image positif pelanggan terhadap layanan restoran. Seperti apa tugas seorang Guest Relations Officer di restoran? kita temukan jawabannya dalam uraian posting Restofocus dibawah ini.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang Guest Relations Officer di restoran adalah sebagai berikut :

1. Customer Intimacy atau pendekatan ke pelanggan restoran
Customer intimacy dilakukan dari meja ke meja dengan menyapa ramah sembari menanyakan tingkat kepuasan tamu atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan, rasa makanan dan kebersihan. Melalui customer intimacy inilah diperoleh input kuat dari tamu dan pelanggan, baik berupa saran, kritik maupun harpan-harapan pelanggan untuk di evaluasi.


2. Handling Complaint atau penanganan komplen pengunjung restoran
Disinilah faktor skill terpenting yang harus dimiliki seorang guest relations officer. GRO harus mampu memahami manusia, memiliki sensitifitas tinggi terhadap rasa kecewa pelanggan dan mampu memberikan solusi terbaik. Faktor inilah yang membuat guest relations officer menjadi teramat penting sekaligus menjadikan sulitnya mendapatkan orang yang tepat untuk menempati posisi ini. dari 30 orang mungkin hanya ada 1 orang saja atau bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Menangani Complaint di Restoran

3. Memberikan surprising kepada tamu dan pelanggan
Selain seorang yang sangat care terhadap tamu, guest relations officer juga merupakan sosok entertainer sejati. ia bisa bercanda dengan anak kecil  sampai bermain dengan mereka demi kenyaman tamu yang membawa serta anaknya saat mereka makan sampai memberikan surprising atau kejutan tertentu yang menyenangkan hati tamu misalnya dengan pemberian sales kid atau voucher dan lain sebagainya.

Demikian tiga besar hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang Guest Relations Officer di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top