4/14/2014

Guest Relations Officer di Restoran

Dias Akhmad  |  at  4/14/2014  |   |  No comments


Tidak hanya di Hotel, Guest Relations Officer (GRO) adalah staff khusus di bawah naungan divisi Service yang bertugas untuk membangun hubungan baik antara restoran dengan konsumen (tamu, pelanggan). GRO juga mengemban tugas marketing dalam membangun image positif pelanggan terhadap layanan restoran.

Seperti apa tugas seorang Guest Relations Officer di restoran? kita temukan jawabannya dalam uraian artikel Restofocus di bawah ini.

Tugas dan tanggung jawab seorang Guest Relations Officer di restoran adalah sebagai berikut :

1. Customer Intimacy atau pendekatan ke pelanggan restoran
Customer intimacy dilakukan dari meja ke meja dengan menyapa ramah sembari menanyakan tingkat kepuasan tamu atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan, rasa makanan dan kebersihan.

Melalui customer intimacy inilah diperoleh input dari tamu atau pelanggan, baik berupa saran, kritik maupun harapan-harapan pelanggan untuk dievaluasi.


2. Handling Complaint atau penanganan keluhan pelanggan
Ini lah skill terpenting yang harus dimiliki seorang GRO. Ia harus mampu memahami manusia, memiliki kepekaan tinggi terhadap rasa kecewa pelanggan dan mampu memberikan solusi terbaik.

Hal ini membuat GRO menjadi teramat penting sekaligus menjadikan sulitnya mendapatkan orang yang tepat untuk menempati posisi ini. dari 20 orang mungkin hanya ada 1 atau beberapa saja yang bisa menjadi seorang GRO.

3. Memberikan surprising kepada tamu dan pelanggan
Selain seorang yang sangat care terhadap tamu, Guest Relations Officer juga merupakan sosok entertainer sejati. Ia bisa bercanda dengan anak kecil sampai bermain dengan mereka demi kenyaman tamu yang membawa serta anaknya ke restoran.

Demikian tiga besar hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang Guest Relations Officer di restoran. Semoga bermanfaat.

Guest Relations Officer di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.