--> Skip to main content

Hati-hati, Menyapu dan Membersihkan Lantai Bisa Menyebabkan Complaint Pelanggan!

Tamu atau pelanggan yang datang ke restoran tentu memiliki karakter yang berbeda-beda, termasuk dalam hal standar etiket. Bisa saja yang menurut kita wajar, dipandang sebagai kesalahan fatal bagi mereka. Pelanggan yang marah saat ada waiter yang menyapu lantai di dekat mejanya adalah contoh nyata terkait hal ini. Bagaimana masalah ini bisa terjadi?

Salah satu tugas waiter adalah membersihkan lantai dining room atau ruang makan. Namun dalam pelaksanaannya, waiter harus melihat lebih dulu kondisi pelanggan. Jangan sampai tugas membersihkan lantai justeru memancing keluhan atau complaint pelanggan.

Dalam service atau pelayanan restoran, kepuasan pelanggan adalah yang utama. Kepuasan tersebut meliputi kecepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, kebersihan makanan, alat saji dan tempat, serrta yang terakhir yaitu kenyamanan.

Kenapa membersihkan lantai dengan menyapu atau mengepel lantai bisa menyebabkan pelanggan complaint dan bahkan marah? jawabannya tentu karena pelanggan merasa terusik kenyamanannya. Terutama saat pelanggan tengah makan atau bersantap.

Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah saat ia mendapati waiter menyapu di dekat mejanya saat ia sedang makan, tapi bagi sebagian yang lain, hal ini bisa menjadi masalah besar. Mereka bisa merasa sangat terganggu.

Saat menyapu lantai, tentu ada debu yang beterbangan meski pun kita lakukan secara perlahan. Bahkan ketika ruangan itu ber AC dimana kemungkinan hanya ada sedikit debu yang masuk ke ruangan, aktivitas menyapu atau mengepel lantai dekat pelanggan yang makan tetap tidak tepat.

Dengan demikian, salah satu etiket yang harus selalu diingat oleh seorang waiter adalah tidak menyapu atau membersihkan lantai dekat tamu yang sedang makan.

Sebagai pedoman, kita bisa menggunakan standar jarak aman sejauh 2 s/d 3 meter dari meja tamu yang sedang makan untuk melaksanakan tugas menyapu dan mengepel lantai.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar