--> Skip to main content

Talent Management dan Pentingnya Rencana Suksesi Jabatan di Restoran

Saat ini, setidaknya sampai artikel ini kami tulis, masalah besar yang dihadapi oleh banyak perusahaan yang bergerak di bidang F&B terutama restoran adalah masalah regenerasi pemimpin dan suksesi jabatan di hampir semua posisi kunci yang sama sekali tak dipernah direncanakan.

Ini adalah masalah besar yang bisa menjadi bom waktu. Kenapa demikian? tak lain karena faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu pondasi penting dalam bisnis yang tidak bisa diabaikan, ia harus disiapkan dan direncanakan.

Jika perusahaan gagal mempersiapkan generasi dan suksesi, maka saat terjadi sesuatu (resign, pensiun atau lainnya) pada orang-oramg yang berada pada posisi kunci, maka saat itulah terjadi kepanikan. Bisa saja, karena tak ada pilihan atau sedikit pilihan, perusahaan akhirnya harus memilih orang yang salah atau orang yang belum siap untuk menggantikan, dan di sinilah bencana itu dimulai.

Talent Management (TM) adalah sebuah strategi untuk menjawab tantangan itu. TM dibangun untuk mempersiapkan, mempertahankan dan mengembangkan karyawan-karyawan terbaik (talent) di perusahaan. Dengan begitu, regenerasi dan suksesi bisa direncanakan dengan matang.

TM akan banyak berbicara tentang retensi, kompetensi dan suksesi SDM di posisi kunci. Hal ini diperlukan untuk tetap mengingatkan manajemen terutama di posisi puncak (Top Management) tentang kemampuan perusahaan untuk sustain dengan mempersipakan generasi terbaik nya.

Seberapa lama binis diharapkan tetap ada (sustain), selama itu pula kita harus mempersiapkan regenerasi dan suksesi posisi kunci.

TM bukan hanya sekedar program, proyek atau strategi, tapi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena terkait dengan pengembangan SDM, maka TM akan berada dalam naungan departemen Human Resources (HR) atau Human Capital (HC) dengan advokasi konsultan yang berpengalaman di bidang TM.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar