--> Skip to main content

Pentingnya Visi dalam Bisnis - Grow and Sustain

Sepuluh, lima, atau dua tahun lalu ketika kita memutuskan untuk membuka sebuah bisnis restoran, yang ada dalam benak kita hanyalah bagaimana bisnisbisa dimulai dan berjalan.

Bahkan boleh jadi, saat itu kita tidak berpikir bahwa yang kita bangun adalah sebuah restoran. Banyak dari kita yang mengawali bisnis dari sebuah warung makan kecil di sudut jalan dengan beberapa meja atau warung makan yang hanya buka di sore hari hingga malam, karena siang harinya masih bekerja di perusahaan orang lain.

Saat itu yang terpikir hanyalah bagaimana bisnis bisa berjalan, bisa membeli bahan baku, menggaji beberapa karyawan dan mengumpulkan uang untuk membuat bisnis menjadi lebih besar.

Namun tentu saja, itu terjadi di dua, lima, sepuluh atau bahkan dua puluh tahun lalu. Sekarang bisnis itu telah membesar, telah menghidupi banyak orang dan membutuhkan sesuatu yang baru, sesuatu yang sangat penting: VISI.


Visi bisa kita artikan secara sederhana sebagai pandangan kita tentang bisnis ini ke depan, termasuk bagaimana bisnis bisa berkembang (grow) dan berkelanjutan (sustain).

Kenapa kita membutuhkan visi? jawabannya tak lain karena masa depan selalu memiliki tantangannya sendiri. Di sana ada peluang, ancaman, bahkan ketidak-pastian.

Visi yang jelas akan menuntun kita untuk membuat peta jalan (road map) yang memungkinkan kita bisa merencanakan dengan matang tentang langkah atau tahapan apa saja yang perlu diambil atau dicapai di masa-masa yang akan datang.

Road map juga akan membantu setiap orang dalam tim untuk memiliki frekuensi pemikiran yang sama tentang bisnis dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mencapai setiap tahapannya.

Bisnis yang telah terlanjur besar harus dipertahankan karena menyamgkut hajat hidup banyak pemangku kepentingan (stake holder) seperti karyawan, supplier, investor dan tentu saja: kita. Karena nya, grow and sustain adalah sebuah keharusan.

Jadi, sudahkah kita berpikir tentang visi bisnis kita?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar