--> Skip to main content

Produk Banyak Terjual, Tapi Kenapa Hanya Untung Sedikit?

Apa kabar sobat Restofocus?

Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat ya. Aamiin..

Setelah pukulan keras pandemi pada bisnis restoran beberapa waktu lalu, kini kita melihat kegairahan baru telah muncul kembali di bisnis restoran. Banyak restoran baru yang menawarkan berbagai menu dan konsep di sekitar kita. Alhmadulillah.

Kali ini kami ingin membahas salah satu topik yang cukup penting untuk diketahui oleh para pengusaha atau pemilik bisnis restoran, utamanya bagi yang baru memulai bisnis restoran ya.

Ramai tapi tidak untung

Mungkin ada yang pernah mengalami, resto nya ramai, banyak pembeli, banyak produk/menu terjual, tetapi untung nya sedikit sekali, atau bahkan gak ada untung. Apa masalahnya?

Mari kita bahas.

Pertama, coba cek berapa harga produksi produk tersebut. Hitung dengan cermat, jangan hanya dikira-kira atau estimasi belaka. Salah dalam menghitung harga produksi, bisa menyebabkan salah dalam menentukan harga jual, salah menentukan harga jual, akan berdampak pada besar kecilnya keuntungan yang diterima.

Jadi, jika banyak produk yang terjual tapi tidak untung, kemungkinan ada yang salah dalam perhitungan harga produksinya.

Kedua, cek harga bahan baku dari pasar atau supplier. Kadang kita lupa tidak menaikkan harga jual dalam waktu lama, sementara harga bahan baku di pasar atau dari supplier sudah naik beberapa kali.

Untuk keperluan ini kita membutuhkan seorang admin yang secara berkala melaporkan adanya perubahan/kenaikan harga bahan baku kepada kita, sehingga kita tetap mendapatkan informasi paling update mengenai harga bahan baku.

Jika perhitungan harga produksi dan harga jualnya sudah benar, maka insyaAllah untung yang didapat bisa seusai harapan. Aamiin..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar