--> Skip to main content

Pentingnya Customer Intimacy dalam Bisnis Restoran

Secara sederhana, Customer Intimacy bisa diartikan sebagai cara perusahaan membangun keintiman/kedekatan dengan pelanggan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Dengan Customer Intimacy kita bisa mendapatkan informasi penting akan kebutuhan dan harapan pelanggan. Informasi ini nantinya akan diolah dan dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan (improvement) termasuk inovasi.

Customer Intimacy juga merupakan salah satu strategi perusahaan dalam menumbuhkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Loyalitas tidak tumbuh dengan sendirinya melainkan dengan dibangun atau diupayakan secara terus menerus.

Bagaimana cara melakukan Customer Intimacy?

Salah satu cara paling mudah dalam melakukan Customer Intimacy di restoran adalah dengan datang ke meja pelanggan untuk melakukan percakapan singkat. Kita bisa menyapa pelanggan di saat yang tepat dimana mereka tidak merasa terganggu dengan kehadiran kita. 

Tanyakan pengalaman makan meraka di restoran kita, seperti bagaimana rasa makanan dan pelayanannya? mintalah masukan atau pendapat mereka tentang apa yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

Tanyakan siapa nama mereka dan berusahalah untuk mengingatnya. Kenali mereka demi tujuan kedekatan dan perbaikan yang ingin dicapai.

Semakin banyak/sering dilakukan, maka kita akan semkin mengenali pelanggan kita dan mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan mereka. 

Customer Intimacy dengan cara mengunjungi pelanggan di meja mereka dikenal sebagai Visit Table yang umumnya dilakukan oleh karyawan setingkat Supervisor atau Guest Relation Officer (GRO).

Jika memungkinkan, kita juga bisa menggunakan Form Kuisioner yang berisi pertanyaan singkat seperti menu favorit, alamat dan kontak pelanggan yang bisa dihubungi.

Informasi mengenai keinginan atau harapan pelanggan yang kita dapatkan kemudian akan kita seusaikan dengan Value dan kemampuan perusahaan dalam mewujudkannya. Dengan cara ini akan ada titik temu antara Value Perusahaan dengan harapan pelanggan.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar