--> Skip to main content

Pedoman untuk Waiter Selama Masa Pandemi

Sampai saat ini kondisi semua restoran di Indonesia belum benar-benar pulih. Ada restoran yang telah membuka layanan makan di tempat (dine in) dan ada juga yang masih membatasi layanannya hanya pada pesan antar (delivery) dan pesan bungkus (take away).

Bagi restoran yang telah membuka layanan dine in, ada potensi peningkatan omzet meski tidak signifikan. Namun perlu diperhatikan bahwa prosedur pelayanan dine in di masa pandemi ini harus extra hati-hati dan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Untuk itu, di kesempatan ini saya ingin menulis beberapa tips yang bisa menjadi pedoman bagi Waiter dan Waitress saat melakukan pelayanan di restoran selama masa pandemi.


Berikut bebeapa hal yang bisa menjadi pedoman bagi Waiter dan Waitress di masa Pandemi:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin
Jaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan minum vitamin. Jaga pola makan serta istirahat yang cukup.

2. Selalu Kenakan Masker dan Face Shield
Masker dan Face Shield harus selalu dipakai saat melakukan pelayanan. Saya mendengar beberapa keluhan Waiter saat mengenakan Face Shiled dalam waktu yang lama, yaitu merasa pusing. Namun ini tetap lebih baik dan lebih aman dari resiko kesehatan yang lebih buruk.

3. Cuci Tangan dengan Sabun
Biasakan untuk sering cuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir. Tak perlu malu atau segan dilihat orang lain saat kita sering cuci tangan. Untuk hal yang baik, lakukan saja.

4. Jaga Jarak
Baik saat melayani tamu maupun saat stand by bersama rekan kerja, usahakan untuk selalu menjaga jarak. Jangan sampai karena rasa segan atau sudah biasa, kita menjadi lupa untuk menjaga jarak.

5. Jaga kebersihan
Jaga selalu kebersihan badan dan pakaian. Untuk seragam, usahakan untuk menggantinya setiap hari agar baju yang telah dipakai bisa dicuci. Jika jumlah seragam tidak mencukupi, pakaian casual bisa dipakai dengan persetujuan atasan sebagai solusi.

6. Ibadah dan berdoa
Aktivitas ibadah dan doa sangat luar biasa dampaknya meski tak terlihat.

7. Ingatkan Tamu untuk Cuci Tangan dan Pakai Masker
Mengingatkan tamu/pengunjung/pelanggan restoran berarti melindungi diri kita dan rekan kerja dari resiko kesehatan. Sampaikan dengan cara yang baik agar tamu tetap nyaman.

Demikian yang bisa saya tuliskan sebagai pesan dan pedoman untuk rekan Waiter dan Waitress yang saat ini masih menjalankan pelayanan dine in. Semoga rekan semua selalu diberikan kesehatan dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar