February 2, 2020

Pelanggan Restoran Meminta Nota Kosong, Bagaimana Mengatasinya?

Dias Akhmad  |  at  February 02, 2020  |   | 

Tak jarang, ada konsumen atau bahkan pelanggan restoran yang meminta nota kosong pada saat melakukan pembayaran di kasir. Hal ini menjadi dilema, jika diberikan takut disalahgunakan, namun jika tidak diberikan bisa saja konsumen atau pelanggan menjadi kecewa.


Tujuan Penggunaan Nota Kosong

Permintaan nota kosong dalam hal pembayaran lebih banyak dilakukan untuk tujuan mark up (melebihkan/menaikan) harga dan jumlah barang/produk yang telah dibeli/dibayar. Tujuannya sangat jelas yaitu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak benar.

Dengan demikian, pemberian nota kosong harus dihindari karena berpotensi digunakan sebagai alat kejahatan.


Cara Mengatasi Pelanggan Restoran yang Meminta Nota Kosong

Pertama, jika ada pelanggan yang meminta nota kosong, maka kita harus sampaikan secara tegas dan sopan bahwa kita tidak bisa memberikan nota kosong dengan alasan apa pun.

Kedua, jika pelanggan tetap bersikeras meminta nota kosong, maka kita berikan nota kosong tanpa stempel, logo atau apa pun yang ada hubungannya dengan restoran atau perusahaan kita. Dengan cara ini kita terbebas dari segala kemungkinan  buruk akibat penyalahgunaan nota.

Antisipasi Permintaan Nota Kosong

Untuk mengantisipasi permintaan nota kosong pada saat pembayaran di kasir, kita bisa memasang informasi di kasir berupa tulisan "Mohon maaf, tidak melayani permintaan Nota Kosong".

Informasi tersebut harus jelas terpasang di area kasir dimana semua orang bisa membacanya dengan jelas.

Semoga bermanfaat.

Pelanggan Restoran Meminta Nota Kosong, Bagaimana Mengatasinya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad