November 14, 2019

Ghost Kitchen dan Dampaknya bagi Restoran

Dias Akhmad  |  at  November 14, 2019  |  ,  |  No comments

Dewasa ini kita dikenalkan dengan sebuah istilah baru dalam bidang kuliner, yaitu Ghost Kicthen. Apa itu Ghost Kitchen? adakah dampak kemunculan Ghost Kitchen terhadap restoran?

Definisi Ghost Kitchen

Ghost Kitchen atau Dapur Hantu adalah sebuah dapur yang disiapkan secara profesional untuk memproduksi makanan dan minuman khusus pengiriman (delivery).

Ghost Kitchen menyiapkan makanan dan minuman layaknya sebuah restoran, namun sama sekali tidak menyediakan ruang makan.


Bisa dikatakan, Ghost Kitchen muncul sebagai model bisnis  baru yang menjawab harapan konsumen/pelanggan yang menginginkan kecepatan dalam pengiriman makanan.

Kelebihan Ghost Kitchen

Salah satu kelebihan Ghost Kitchen adalah biaya operasional yang rendah.

Ghost Kitchen tidak memerlukan lokasi strategis dengan biaya sewa yang mahal. Tidak memerlukan meja dan kursi makan yang Instagramable. Tidak  perlu banyak lampu penerangan dan dekorasi ruangan seperti restoran fine dinning.

Jumlah karyawan yang dibutuhkan Ghost Kitchen relatif lebih sedikit dan semuanya difokuskan untuk memproduksi makanan dan minuman sehingga mampu melakukan produksi secara cepat.

Dengan demikian, Ghost Kicthen sudah pasti mampu bersaing dalam soal harga dan bahkan memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan profit maksimal.

Selain itu, kecepatan dalam pengiriman makanan adalah nilai utama yang mereka tawarkan kepada pelanggan.

Kekurangan Ghost Kitchen

Karena tidak mementingkan lokasi strategis, maka Ghost Kitchen bisa jadi tidak banyak dikenali secara fisik.

Penjualan produknya sangat sangat tergantung pada promosi online. Jika promosi onlinenya buruk, maka tak akan ada penjualan.

Selain kecepatan, yang menjadi value Ghost Kitchen adalah rasa. Jika rasa makanan mereka tidak enak, jangan harap orang membeli lagi.

Dampak munculnya Ghost Kitchen terhadap restoran

Munculnya Ghost Kitchen ternyata membawa dampak langsung terhadap penjualan produk makanan dan minuman di banyak restoran. Hal ini karena Ghost Kitchen telah mengambil sebagian pembelian pelanggan.

Meski saat ini jumlahnya masih sedikit, sangat mungkin ke depan jumlah Ghost Kitchen yang beroperasi akan semakin bertambah. Ini berarti kompetisi akan semakin ketat.

Perkembangan Strategy restoran saat ini

Jika kita perhatikan, beberapa restoran cepat saji skala besar mulai berubah model bisnisnya. Yang diperluas bukan lagi area makan (fine dining) tetapi ruang delivery bagi para driver online dan kitchen atau dapurnya.

Ruang makan dipersempit, ruang delivery dan kitchen diperluas.

Bagaimana dengan restoran kita?

Ghost Kitchen dan Dampaknya bagi Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon