--> Skip to main content

Pentingnya Komunikasi Antar Leader di Restoran

Peran komunikasi sangat penting dalam hal apa pun. Termasuk dalam lingkup kerja di restoran. Dalam hal ini, kita akan lebih memfokuskan pembahasan pada komunikasi antar leader atau atasan di restoran, seperti Supervisor, Captain Service, Captain Barista dan Chief Cook.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman di mana saya mendapati sebuah cabang restoran yang mendapatkan pesanan nasi kotak (box) sejumlah 110 pax. Pesanan tersebut akan diambil oleh pemiliknya pada jam 10.30. Namun, apa yang terjadi?

Ternyata, pada jam pengerjaan pesanan, tak ada satu leader pun yang hadir, padahal ada 4 orang leader dalam satu cabang restoran, yaitu 1 orang Supervisor, 1 orang Captain Service, 1 orang Captain Barista dan 1 orang Chief Cook.

Pada saat saya mencoba menghubungi nomor handphone Supervisor, ternyata nomornya sedang tidak aktif, saya kemudian menghubungi Captain Service, namun telfon dari saya tak diangkat. Saya kemudian, mencoba menghubungi Captain Barista, tapi nomornya juga tidak aktif, terakhir, saya menghubungi Chief Cook dan di ujung telfon, sang Chief Cook mengatakan bahwa ia tengah off atau libur kerja.

Pertanyaannya, di mana rasa tanggung jawab dan kepedulian para leader tersebut? bagaimana bisa kita dapat menjaga kualitas makanan tanpa pengawasan atau kontrol dari kita? bagaimana jika pengerjaan pesanannya terlambat dan pelanggan menjadi complaint?

Dengan jumlah leader yang cukup, kenapa sampai tidak ada yang hadir untuk menangani pesanan pelanggan? apakah ada komunikasi yang baik antar leader di cabang restoran tersebut?


Terbukti sudah, tanpa komunikasi yang baik, jumlah leader yang banyak tak akan berarti sama sekali. Tak akan ada kerja sama yang baik tanpa komunikasi. Untuk itu, semua leader harus menyadari akan pentingnya komunikasi dalam pekerjaan. 

Seorang leader harus bisa membangun komunikasi yang baik antar sesama leader, dengan atasan, maupun dengan bawahan. Jangan sampai, di dalam pekerjaan yang melibatkan banyak orang seperti di restoran, kita malah menutup diri atau enggan berkomunikasi dengan rekan lain, yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah seperti pada contoh kasus di atas.

Satu hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa dalam pekerjaan, tak ada satu orang atau bagian pun yang paling penting, semua orang dan bagian adalah penting.

Dengan pemahaman seperti ini, akan terwujud rasa saling menghargai satu sama lain sehingga komunikasi berjalan dengan baik.

Demikian artikel pentingnya komunikasi antar sesama leader di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar