--> Skip to main content

Tips Membuat Daftar Menu Restoran yang Baik

Daftar menu memiliki fungsi penting dalam mempresentasikan menu-menu yang ada di sebuah restoran kepada para tamunya. Sebuah daftar menu yang baik bahkan dapat menarik minat seseorang untuk mencoba lebih dari satu menu, dari hanya sekedar melepaskan haus dan lapar hingga menjadi keinginan untuk mencoba berbagai menu yang ada di daftar menu. Hal ini tentunya akan meningkatkan penjualan yang berarti keuntungan yang lebih banyak bagi pengusaha restoran. Untuk itu, Restofocus mencoba memberikan beberapa tips untuk membuat daftar menu restoran yang baik. 

Berikut adalah beberapa tips membuat daftar menu restoran yang baik :

1. Menyertakan foto menu
Adanya foto menu dapat membangkitkan selera seseorang untuk memesannya. Dari yang tidak ada niat, menjadi ingin mencobanya. Berbeda halnya dengan daftar menu yang hanya berisi tulisan saja.

Sertakanlah foto-foto menu terbaik dalam daftar menu restoran Anda. Namun perlu diingat, jangan sampai foto menu yang ada di daftar menu menjadi berbeda dengan menu yang disajikan, baik porsi, garnish, warna maupun alat saji nya. 


Jika ada tamu restoran yang memesan sop buntut misalnya, saat sop buntut yang disajikan berbeda dengan foto menu sop buntut yang ada di daftar menu, maka besar kemungkinan tamu akan complaint. 

2. Batasi jumlah menu
Sebuah daftar menu yang berisi daftar panjang menu, akan membuat tamu menjadi lebih lama memilih dan akhirnya malah memesan yang simple dan murah saja. Batasi saja jumlah menu misalnya (tidak lebih dari) 60 jenis makanan dan 60 jenis minuman. 

Kita harus sangat selektif dalam menyediakan menu, jangan sampai restoran kita memiliki banyak sekali menu, tapi hanya satu dua saja yang digemari atau sering dipesan orang. Hal ini akan berakibat banyaknya bahan baku atau stock jual yang rusak atau waste karena lama tersimpan.

Sebaliknya, dengan kita membatasi jumlah menu yang ada, kita dapat lebih fokus pada kualitas rasa dan penyajian setiap menu. Dengan demikian, setiap menu akan menjadi menu unggulan atau menu favorite restoran.

3. Design daftar menu yang menarik
Untuk hal ini, kita bisa menggunakan jasa professional untuk men-design dan mencetak daftar menu restoran kita. Usahakan agar sebuah daftar menu memiliki padu padan warna yang serasi dengan warna dominan bangunan restoran. Dengan design yang menarik, sebuah daftar menu akan lebih memiliki potensi menjual.

Demikian artikel tentang tips membuat daftar menu restoran yang baik. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar